Home » Blogging » Tips Memilih Web Hosting yang Tepat Untuk Situs anda
tips memilih web hosting

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat Untuk Situs anda

Memilih web hosting sepintas memang mudah, tapi jika anda membeli webhosting tanpa meneliti lebih dalam, tentunya akan dapat berdampak buruk pada situs anda. Pada artikel sebelumnya saya telah memaparkan bagaimana memilih nama domain yang baik untuk blog anda. Selain domain, kita juga perlu menyiapkan web hosting yang tepat untuk situs anda. Karena, dengan memilih web hosting yang tepat, tentunya akan memaksimalkan kinerja website/blog.

Menurut wikipedia:

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

 

Begitu pentingya peran web hosting, untuk itu kita perlu memilih web hosting yang baik untuk situs anda. Lalu apa saja yang harus di perhatikan dalam memilih web hosting?

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

1. Jangan Gunakan Hosting Gratisan

Tips memilih web hosting yang pertama yaitu jangan gunakan web hosting gratisan! Jika anda ingin membangun situs untuk jangka panjang sebaiknya jauhi web hosting tersebut. Karena menyimpan data pada web hosting gratisan, tidak terjamin keamanannya sewaktu-waktu server tersebut down, maka anda akan sulit untuk mendapatkan data anda kembali. Karena pada umumnya web hoting gratisan tidak bertanggung jawab atas kehilangan data pada server mereka.

Selain itu, menggunakan web hosting gratisan biasanya akan memiliki keterbatasan bandwidth dan ketika jumlah pengunjung harian anda melebihi dari bandwidth yang telah diberikan, maka secara otomatis web anda akan down dan tidak bisa di akses.

2. Jumlah Client

Anda tentu tidak ingin meresikokan website anda pada hosting yang tidak berpengalaman atau masih baru. Kesuksesan Hosting Provider bisa kita lihat dari jumlah clientnya. Apalagi jika hosting provider tersebut memiliki client dari Web Ternama dengan pengunjung yang tinggi. Bisa di pastikan bahwa hosting tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga web berkelas juga mempercayakan website kepadanya.

3. Lokasi Server

Dalam memilih web hosting kita perlu mempertimbangkan lokasi server web hosting yang ingin anda gunakan. Karena lokasi server juga berpengaruh kepada kecepatan akses pengunjung ke situs anda. Sebelum membeli hosting untuk website anda, anda harus mengetahui siapa visitor anda. Jika target visitor anda indonesia, maka hosting dengan lokasi server indonesia akan jauh lebih baik untuk website anda. Begitupun sebaliknya, apabila target visitor anda global, maka akan lebih baik jika anda memilih hosting yang berada di luar indonesia seperti Singapore, US dsb.

4. Space Hosting

Sebaiknya perhatikan space atau kapasitas disk yang disediakan oleh provider hosting. pastikan kapasitas ruang penyimpanan cukup untuk menampung file-file website anda, serta pertimbangkan juga untuk memilih kapasitas yang sesuai dengan perkiraan seberapa besar website anda akan berkembang dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Karena pada umumnya sewa hosting ini pertahun.

Misal, ketika anda ingin membuat blog dengan wordpress alangkah baiknya anda memilih paket hosting dengan space minimal 1 GB. Karena untuk keperluan upload-upload gambar, rasanya sudah lebih dari cukup untuk satu tahun kedepan. Asal anda tidak berlebihan upload gambar perharinya, dan pastikan ukurannya tidak terlalu besar.

Selain itu, jangan terlalu percaya dengan paket “disk unlimited” karena pada prakteknya tidak ada yang benar-benar unlimited. Semuanya memiliki batas tertentu. isitilah “disk unlimited” hanya sebuah teknik marketing saja agar anda tertarik untuk membeli layanan hosting tersebut. Lebih baik beli hosting yang sudah tertera jelas batasan-batasannya, agar kita mampu mengkontrolnya dengan baik.

5. Bandwidth

Seperti halnya disk space banyak sekali penyedia layanan hosting yang melabeli paket mereka dengan “bandwidth unmetered”. Sekali lagi, jangan percaya dengan istilah unlimited maupun unmetered tersebut. Karena seperti yang sudah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

Tidak ada yang benar-benar unlimited, itu semua hanya strategi marketing saja untuk menarik minat pengunjung

Sesuaikan bandwidth dengan pengunjung harian anda. Untuk urusan bandwidth anda tidak perlu terlalu memikirkannya, karena jika tiba-tiba bandwidth anda habis, anda bisa menambah bandwidth berdasarkan ketentuan provider hosting tersebut.

6. Harga

Sebelum membeli pastikan harga yang di tawarkan terjangkau oleh kantong kita. Yang namanya berurusan dengan uang memang kita tidak bisa mengatakan “ini mahal,ini murah” karena semua itu sesuai dengan isi kantong masing-masing. Tapi yang pasti, harga tidak pernah bohong.

 

Selalu bandingkan harga web hosting satu dengan yang lainnya. Agar anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harga hosting. Atau jika perlu, cobalah bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam dunia hosting.

7. Uptime Server

Tentu saja kita menginginkan uptime server yang mampu berjalan 24×7 jam. Jika suatu saat seseorang mengunjungi website anda dan ternyata website sedang tidak bisa dibuka karena server sedang down maka itu adalah kerugian besar, karena bisa jadi dia enggan untuk balik lagi dilain waktu. Oleh karena itu penting untuk memastikan hosting yang anda pilih terpercaya dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, perhatikan uptime server hosting yang anda gunakan.

8. Support

Ini merupakan bagian terpenting ketika anda hendak memilih web hosting untuk blog anda. Pilihlah hosting yang memberikan layanan bantuannya cepat. Apabila website atau blog anda mengalami down atau error. Customer Service lah tempat anda untuk mengadu dan mengeluh. Oleh karena itu, sebaiknya pilih layanan web hosting yang mempunyai customer service yang ramah dan siap mendengar dan memberikan solusi atas keluh kesah anda.

 

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam memilih web hosting yang tepat untuk situs anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Di zaman yang serba online ini, banyak sekali orang berbondong-bondong ingin membuat blog. Entah itu blog yang berbayar ataupun gratis. Para blogger pemula meyakini ...