Home » Blogging » Cara Membuat Blog di Blogger Gratis
cara membuat blog

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis

Pada artikel kali ini saya akan membuat tutorial tentang Cara Membuat Blog di Blogger Gratis, mungkin banyak teman-teman yang sudah tahu bagaimana cara membuat blog di blogger. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, ada beberapa perubahan tentang cara pembuatan blog di platform blogger itu sendiri.

Dan ada beberapa orang yang kebingungan cara membuat blog pada metode tersebut, oleh karena itu disini saya akan membeberkan tahap demi tahap tentang cara membuat blog di blogger terbaru 2017.

Seperti yang kita tahu, blogger merupakan platform blog yang sangat mudah digunakan untuk pemula dalam membuat blog. Dengan bantuin platform blogger kita tidak perlu lagi membeli domain maupun hosting, semuanya sudah disedikan oleh google secara gratis tanpa berbayar sepeser pun. Hal inilah yang membuat blogger di gandrungi oleh blogger-blogger yang ada didunia. Dengan segala kemudahannya itu, tapi tetap saja bagi yang baru mengenal dunia blog, akan kebingungan dan mencari-cari tutorial tentang cara membuat blog di blogger.

 

Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Silahkan simak panduannya berikut ini:

Langkah-langkah Cara membuat blog di blogger Gratis 2017!

  1. Kunjungi situs blogger.com. Tampilan blogger yang baru ini, kadang membingungkan bagi anda yang dulu pernah membuat blog di blogger. Namun, anda tidak usah bingung, Karena membuat blog di tampilan yang baru ataupun lama pada prinsipnya sama saja.
  2. Selanjutnya, klik Create Your Blogcara membuat blog di tampilan baru
  3. Maka anda akan di haruskan untuk login terlebih dahulu menggunakan gmail. Jika anda belum mempunyai akun gmail, anda bisa membuat akun gmail terlebih dahulu melalui link berikut. Jika sudah lalu masukkan email gmail anda lalu klik Berikutnya seperti gambar di bawah ini.cara membuat blog terbaru
  4. Lalu masukkan password gmail yang telah anda buat. Lalu klik Masukcara membuat blog terbaru
  5. Sebelum masuk ke blogger, anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat profil Gplus atau blogger terlebih dahulu. pada tutorial kali ini saya akan membuat  profil Google+. Klik Buat Profil Google+cara membuat blog terbaru
  6. Isi sesuai data diri anda, lalu klik Create Profilecara membuat blog terbaru
  7. Pada langkah ini, anda bisa mengubah avatar yang anda inginkan melalui tanda plus, lalu pilih gambar yang ingin anda gunakan sebagai avatar, lalu Klik Save. Atau anda bisa melewati langkah ini dengan menklik tombol skipcara membuat blog terbaru
  8. Selanjutnya, anda hanya perlu mengkonfirmasi profil google plus yang telah anda buat. Dengan cara klik Lanjutkan ke Bloggercara membuat blog terbaru
  9. Sekarang anda telah masuk ke dashboard blogger di tampilan yang baru. Untuk membuat blog anda bisa mengklik tombol Buat blog barucara membuat blog terbaru
  10. Lalu masukkan data blog yang ingin anda gunakancara membuat blog untuk pemula
    • Nomor 1 adalah nama blog yang ingin anda gunakan.
    • Nomor 2 adalah URL blog yang akan digunakan nantinya.
    • Nomor 2 adalah template blogger yang akan digunakan
  11. Pastikan alamat blog yang anda gunakan mempunyai status Alamat blog tersedia. agar tombol buat blog bisa di klik.cara membuat blog untuk pemula
  12. Apabila Alamat URL anda tidak tersedia, maka tombol buat blog akan nonaktif (tidak bisa di klik).cara membuat blog untuk pemula
  13. Jadi, masukkan alamat URL yang anda inginkan sampai memiliki keterangan Alamat blog ini tersediaSetelah itu klik Buat Blog.cara membuat blog untuk pemula
  14. Sampai pada tahap ini, anda telah berhasil membuat blog di blogger. Selamat!
  15. Untuk Melihat seperti apa tampilan blog yang telah anda buat, anda bisa klik tombol Lihat Blogcara membuat blog

Biasanya template yang telah disediakan di blogger kurang menarik. Oleh karena itu, anda bisa mengubah template blogger sesuai dengan yang anda inginkan. Tapi, sebelum kita mengubah template blogger, ada baiknya kita mengenal lebih Jauh tentang fungsi-fungsi menu yang ada pada dashboard blogger.

Mengenal Fungsi Menu yang ada Pada Blogger

cara membuat blog

Pada tampilan blogger yang baru, akan ada beberapa perbedaan peletakkan menu di dalam dashboard blogger. Dan yang akan saya kenalkan berikut ini adalah fungsi menu yang terdapat pada blogger di tampilan yang baru.

  • Pos menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik Menampilkan jumlah pengunjung harian dan bulanan blog anda. Pada menu ini anda juga bisa melihat statistik sumber pengunjung. Tentunya, data yang di tampilkan melalui menu ini cukup akurat, sebagai parameter untuk mengetahui kesuksesan blog anda.
  • Komentar pada menu ini anda bisa memoderasi komentar yang masuk, anda bisa menyetujui, membatalkan bahkan menghapus komentar yang berasal dari pengunjung.
  • Kampanye menampilkan menu Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini. Untuk bisa menggunakan layanan AdWords google anda diharuskan membayar terlebih dahulu.
  • Laman menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak menampilkan tata letak blog anda. Disini, anda bisa menambah atau menghapus widget sesuai yang anda inginkan pada blog anda.
  • Template menampilkan pengaturan pada template blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Pengaturan menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.

Bagaimana cara membuat postingan di tampilan blogger yang baru?

Untuk membuat artikel/postingan baru anda bisa melihat tutorialnya berikut ini.

  1. Klik menu pos lalu akan tampil tombol Entri baru klik tombol tersebut.cara membuat nlog untuk pemula
  2. Sebelum anda memulai menulis ada beberapa menuombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :cara membuat blog di blogger
    • Nomor 1 judul pos/artikel anda.
    • Nomor 2 Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode compose.
    • Nomor 3 Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda.
    • Nomor 4 Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau konten anda.
    • Nomor 5 Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
    • terakhir, nomor 6 merupakan tempat untuk menulis isi konten anda.
  3. Jika konten atau artikel telah selesai, anda bisa menekan tombol Publikasikancara membuat blog

Mudah bukan?

Yap, itulah tutorial cara membuat blog di blogger dengan mudah. sekarang anda sudah bisa melakukan penulisan artikel pada blog yang telah anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

memilih nama domain

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Ada Beberapa hal yang di perlukan dalam membuat blog atau website yaitu memilih nama domain yang baik untuk situs anda. Para ...