More

    Tips Menentukan URL (Permalink) Agar SEO Friendly

    Tips Menentukan URL (Permalink) – Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang 10 Tips Membuat Blog Anda Memiliki Banyak Pengunjung Terbaru 2019! Beberapa poin pada artikel tersebut memberitahukan bahwa menentukan URL sangatlah penting agar blog memiliki banyak pengunjung. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan lebih lengkap tentang Tips Menentukan URL (Permalink) Agar SEO Friendly. 

    Tapi sebelumnya, saya akan coba bahas sedikit tentang permalink ini.

    Permalink adalah singkatan dari Permanent Link, dimana permalink  merupakan suatu indentitas pada URL untuk mempermudah pengguna dalam mengakses suatu website atau blog. Salah satu tujuan dari permalink adalah untuk memaksimalkan hasil pencarian SEO pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing.

    Dengan adanya permalink ini pada website tentu saja akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan artikel pada suatu website.

    Lalu bagaimana cara menentukan  URL (permalink) yang tepat untuk website anda agar SEO Friendly?

    Pertama, gunakanlah permalink yang clean. Artinya, jangan gunakan permalink yang terlalu panjang karena hal tersebut kurang disukai oleh google. Dan membuat proses indexing website yang anda baru buat akan menjadi lebih lama. Contoh permalink yang terlalu panjang adalah sebagai berikut:

    http://namadomain.com/kategori/ini-adalah-contoh-artikel-yang-baru-saja-saya-buat-ketika-membuat-website-dengan-wordpress.

    Dalam beberapa plugin SEO seperti Yoast contoh URL diatas kurang disukai, dan akan menampilkan notifikasi warning bahwa url tersebut terlalu panjang. Contoh dari url yang bagus dari url diatas adalah sebagai berikut:

    http://namadomain.com/kategori/membuat-website-dengan-wordpress

    yaa, masukkan saja url yang kata kuncinya ingin anda bidik, dalam contoh kasus kali ini saya akan membidik kata kunci membuat website dengan wordpress. maka hanya kata itu saja yang saya masukkan dalam URL. Lebih singkat, padat dan akan membuat google lebih mudah untuk mengindeks halaman anda.

     

    Kedua, gunakan format permalink yang sederhana. Untuk mengatur format permalink anda bisa masuk ke menu Settings – Permalink

    menentukan url

    pada bagian anda anda bisa menggunakan format permalink seperti kombinasi Day and Name, Month and name, dan Numeric. Saran saya gunakan format permalink yang pendek-pendek saja seperti menggunakan format permalink Post Name.

    mengapa demikian? karena seperti yang sudah saya jelaskan pada point pertama bahwa penggunaan URL yang pendek justru akan lebih SEO Friendly dari pada menggunakan URL yang menggunakan kombinasi angka seperti bulan dan hari.

    Jika menggunakan format Post Name maka URL artikel anda akan menjadi:

    http://namadomain.com/judul-artikel-anda

    Ketiga, jangan sering ganti-ganti permalink. Oke, mungkin ini bukanlah salah satu tips dalam menentukan permalink yang tepat. Poin ketiga ini hanyalah tips bagi anda yang sering ganti-ganti permalink.

    Sebaiknya hindari mengganti permalink apalagi jika website anda sudah terindeks oleh google. Jika terlalu sering mengganti permalink, akibatnya akan banyak URL error di 404 pada website anda. Error 404 artinya permintaan yang dikirim ke website anda tidak berhasil ditemukan baik oleh bot google maupun pengunjung. Tentunya hal tersebut dapat memberikan dampak SEO yang buruk bagi situs anda. Oleh karena itu, kalau bisa jangan ganti-ganti permalink kecuali jika memang website anda masih dalam keadaan di develop.

    Mungkin itu saja tips menentukan URL (permalink) yang tepat untuk website anda agar SEO Friendly.

    Semoga bermanfaat!

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    cara setting pppoe client

    Cara Setting PPPoE Client di TP Link WR840n dengan Mudah

    0
    Cara Setting PPPoE Client - Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan tutorial bagaimana Cara Setting PPPoE Server di Mikrotik. Pada tutorial berikutnya, kita akan mengaplikasikan pppoe kepada...

    Apa itu Staking Crypto dan Bagaimana Cara Melakukan Staking

    0
    Apa itu Staking Crypto - Akhir-akhir ini staking crypto banyak sekali menjadi pembicaraan buah bibir di kalangan investor crypto. Mungkin masih banyak dari para investor...

    Cara Setting PPPoE Server di Mikrotik

    0
    Cara Setting PPPoE Server - Pada tutorial sebelumnya kita telah belajar tentang bagaimana Cara Setting Hotspot Voucher di Mikrotik. Kali ini, saya akan melanjutkan sesi tutorial...
    Cara Setting Hotspot

    Cara Setting Hotspot Voucher di Mikrotik

    0
    Cara Setting Hotspot Voucher - Pada tutorial sebelumnya, kita sudah membahas apa itu mikrotik dan bagaimana cara melakukan konfigurasi dasar agar mikrotik kita bisa terhubung dengan internet. Router...
    konfigurasi dasar mikrotik

    Konfigurasi Dasar Mikrotik

    0
    Konfigurasi Dasar Mikrotik - Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui Apa itu Mikrotik dan Fungsinya. Untuk kesempatan kali ini, kita akan mencoba melakukan konfigurasi dasar pada...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!