Apa itu broken link ? dan Apa Dampaknya Untuk Situs anda

Apa itu broken link? Mungkin, sebagian dari kita yang baru saja masuk ke dalam dunia blogging, akan menemukan beberapa istilah-istilah yang terasa asing salah satunya yaitu broken link. Lalu apa itu broken link?

Broken link berasal dari kata broke yang artinya mati, patah atau putus, dan link yaitu tautan. Jadi, artinya broken link itu adalah link yang mati atau link yang tidak menuju pada tujuan seharusnya. Pada saat link tersebut di klik biasanya akan tampil halaman 404 not found. artinya halaman yang anda tuju tidak dapat di temukan.

Hal tersebut sering dialami oleh seorang blogger, dan merupakan hal yang biasa terjadi dalam dunia blogging. Beberapa orang berpendapat, bahwa broken link pada suatu blog itu mempunyai dampak yang sangat berbahaya bagi situs itu sendiri. Bahkan, broken link dapat menyebabkan situs/blog anda akan terkena pinalti oleh google.

Lalu, apakah benar tentang pendapat tersebut?

Untuk itu, disini saya akan menjelaskan apa saja dampak yang di akibatkan oleh broken link tersebut.

  1. Broken bisa membuat blog anda terkena pinalti oleh google dan pagerank akan turun. mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena, apabila blog anda terlalu banyak broken link, google akan menganggap itu adalah sebuah sinyal yang buruk, Website kita dinilai sebagai sebuah website yang buruk karena memberikan referensi yang tidak akurat kepada pembaca blog kita. Banyak link yang tersedia di website kita ternyata adalah sebuah ‘jalan buntu’.
  2. Broken link bisa menurunkan kualitas SEO blog. Dengan banyaknya broken link bot google akan kesulitan untuk mengindeks secara keseluruhan isi konten anda. Sehingga mau tidak mau google bot akan memberikan sinyal error ke google webmaster anda. dan menilai isi blog anda memiliki konten yang buruk dan tidak sesuai dengan isi konten yang dianjurkan oleh google. Yang mana isi konten tersebut haruslah jelas dan memiliki konten yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pembaca.
  3. Jika terdapat banyak sekali broken link pada website atau blog kita, tentu saja akan mengurangi minat pengunjung untuk mengunjungi situs kita kembali. Karena, mereka akan kecewa dengan apa yang disajikan oleh penulis. Apa yang disajikan penulis tidak memberikan solusi ataupun informasi yang cukup bagi mereka.

Lalu apa yang menyebabkan broken link tersebut bisa terjadi?

Banyak sekali faktor yang menyebabkan broken link tersebut terjadi, salah satunya yaitu:

  1. URL yang dituju sudah berubah/diganti. Apabila kita memberikan sebuah rujukan link kepada pengunjung, lalu beberapa bulan kemudian link yang kita beri tersebu telah berubah. Maka hal tersebut bisa dianggap broken link oleh google, dan dapat memberikan dampak buruk bagi kelangsungan situs anda.
  2. URL yang dituju sudah dihapus.

Lalu bagaimana cara menemukan broken link yang ada pada website kita?

Karena, apabila website yang kita buat sudah memiliki banyak artikel, kita tidak mungkin untuk mengecek satu persatu isi konten kita, hanya untuk mengetahui apakah ada yang broken link atau tidak.

Saat ini, banyak sekali situs atau plugin yang bisa digunakan untuk mengecek apakah ada broken link di website kita atau tidak. Seperti brokenlinkcheck.com dan juga plugin Broken Link Checker.

Untuk menggunakan tools tersebut caranya sangat mudah sekali.

Untuk tutorialnya, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

No Response

Leave a reply "Apa itu broken link ? dan Apa Dampaknya Untuk Situs anda"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.