Home » Blogging » Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula
cara membuat blog

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Di zaman yang serba online ini, banyak sekali orang berbondong-bondong ingin membuat blog. Entah itu blog yang berbayar ataupun gratis. Para blogger pemula meyakini bahwa dengan membuat blog , mereka bisa mengasilkan uang dari internet. Memang tidak salah apabila anda memiliki keyakinan demikian, Meskipun pada prakteknya hal ini sangat sulit dilakukan mengingat anda masih pemula dalam dunia internet marketing. Tapi semua itu bisa anda lakukan jika anda terus mau belajar dan pantang menyerah.

sebelum ke topik cara membuat blog, ada 2 fakta penting yang harus anda ketahui yaitu:

  • Kalau cuma membuat blog, caranya sangat mudah
  • Tapi supaya blognya sukses, tidak mudah. dikutip dari panduanim

 

Salah satu faktor mengapa anda tertarik untuk menjadi blogger mungkin karena pernah mengunjungi kebeberapa situs blog besar di Indonesia, kemudian kagum dengan mereka.

Apapun alasannya, apabila anda ingin membuat blog gratis, anda berada pada situs yang tepat!

Pada mulanya blog sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Namun, akhir-akhir ini blog juga bisa di manfaatkan sebagai sarana berjualan online untuk penghasilan tambahan.

Banyak sekali platform blog yang bisa anda gunakan secara gratis mulai dari wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, dan masih banyak lagi.

 

Selain itu, baru-baru ini ternyata di github selain sebagai media social coding, anda juga bisa membuat blog secara gratis.

Namun pada tutorial kali ini saya akan membahas cara membuat blog dengan blogger. Yang mana blogger merupakan platform blog besutan google yang sangat mudah digunakan dan cocok bagi pemula.

Apa itu Blogger??

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. sumber

Seperti penjelasan diatas, blogger masuk ke dalam kategori hosted. Hosted berarti blog anda ‘menumpang’ di website mereka. Jadi anda tidak akan punya website murni milik sendiri, dan alamat blog anda seperti menjadi: blogsaya.blogspot.com

Meskipun begitu, anda tetap bisa menggunakan nama domain sendiri menjadi seperti blogsaya.com untuk alamat URL nya.

 

Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat blog di blogger? Silahkan simak panduannya berikut ini:

Langkah-langkah Cara membuat blog!

  1. Kunjungi situs blogger.com. Tampilan blogger yang baru ini, kadang membingungkan bagi anda yang dulu pernah membuat blog di blogger. Namun, anda tidak usah bingung, Karena membuat blog di tampilan yang baru ataupun lama pada prinsipnya sama saja.
  2. Selanjutnya, klik Create Your Blogcara membuat blog di tampilan baru
  3. Maka anda akan di haruskan untuk login terlebih dahulu menggunakan gmail. Jika anda belum mempunyai akun gmail, anda bisa membuat akun gmail terlebih dahulu melalui link berikut. Jika sudah lalu masukkan email gmail anda lalu klik Berikutnya seperti gambar di bawah ini.cara membuat blog terbaru
  4. Lalu masukkan password gmail yang telah anda buat. Lalu klik Masukcara membuat blog terbaru
  5. Sebelum masuk ke blogger, anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat profil Gplus atau blogger terlebih dahulu. pada tutorial kali ini saya akan membuat  profil Google+. Klik Buat Profil Google+cara membuat blog terbaru
  6. Isi sesuai data diri anda, lalu klik Create Profilecara membuat blog terbaru
  7. Pada langkah ini, anda bisa mengubah avatar yang anda inginkan melalui tanda plus, lalu pilih gambar yang ingin anda gunakan sebagai avatar, lalu Klik Save. Atau anda bisa melewati langkah ini dengan menklik tombol skipcara membuat blog terbaru
  8. Selanjutnya, anda hanya perlu mengkonfirmasi profil google plus yang telah anda buat. Dengan cara klik Lanjutkan ke Bloggercara membuat blog terbaru
  9. Sekarang anda telah masuk ke dashboard blogger di tampilan yang baru. Untuk membuat blog anda bisa mengklik tombol Buat blog barucara membuat blog terbaru
  10. Lalu masukkan data blog yang ingin anda gunakancara membuat blog untuk pemula
    • Nomor 1 adalah nama blog yang ingin anda gunakan.
    • Nomor 2 adalah URL blog yang akan digunakan nantinya.
    • Nomor 2 adalah template blogger yang akan digunakan
  11. Pastikan alamat blog yang anda gunakan mempunyai status Alamat blog tersedia. agar tombol buat blog bisa di klik.cara membuat blog untuk pemula
  12. Apabila Alamat URL anda tidak tersedia, maka tombol buat blog akan nonaktif (tidak bisa di klik).cara membuat blog untuk pemula
  13. Jadi, masukkan alamat URL yang anda inginkan sampai memiliki keterangan Alamat blog ini tersediaSetelah itu klik Buat Blog.cara membuat blog untuk pemula
  14. Sampai pada tahap ini, anda telah berhasil membuat blog di blogger. Selamat!
  15. Untuk Melihat seperti apa tampilan blog yang telah anda buat, anda bisa klik tombol Lihat Blogcara membuat blog

Biasanya template yang telah disediakan di blogger kurang menarik. Oleh karena itu, anda bisa mengubah template blogger sesuai dengan yang anda inginkan. Tapi, sebelum kita mengubah template blogger, ada baiknya kita mengenal lebih Jauh tentang fungsi-fungsi menu yang ada pada dashboard blogger.

Mengenal Fungsi Menu yang ada Pada Blogger

cara membuat blog

Pada tampilan blogger yang baru, akan ada beberapa perbedaan peletakkan menu di dalam dashboard blogger. Dan yang akan saya kenalkan berikut ini adalah fungsi menu yang terdapat pada blogger di tampilan yang baru.

  • Pos menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik Menampilkan jumlah pengunjung harian dan bulanan blog anda. Pada menu ini anda juga bisa melihat statistik sumber pengunjung. Tentunya, data yang di tampilkan melalui menu ini cukup akurat, sebagai parameter untuk mengetahui kesuksesan blog anda.
  • Komentar pada menu ini anda bisa memoderasi komentar yang masuk, anda bisa menyetujui, membatalkan bahkan menghapus komentar yang berasal dari pengunjung.
  • Kampanye menampilkan menu Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini. Untuk bisa menggunakan layanan AdWords google anda diharuskan membayar terlebih dahulu.
  • Laman menampilkan jumlah halaman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak menampilkan tata letak blog anda. Disini, anda bisa menambah atau menghapus widget sesuai yang anda inginkan pada blog anda.
  • Template menampilkan pengaturan pada template blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Pengaturan menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.

Bagaimana cara membuat postingan di tampilan blogger yang baru?

Untuk membuat artikel/postingan baru anda bisa melihat tutorialnya berikut ini.

  1. Klik menu pos lalu akan tampil tombol Entri baru klik tombol tersebut.cara membuat nlog untuk pemula
  2. Sebelum anda memulai menulis ada beberapa menuombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :cara membuat blog
    • Nomor 1 judul pos/artikel anda.
    • Nomor 2 Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode compose.
    • Nomor 3 Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda.
    • Nomor 4 Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau konten anda.
    • Nomor 5 Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
    • terakhir, nomor 6 merupakan tempat untuk menulis isi konten anda.
  3. Jika konten atau artikel telah selesai, anda bisa menekan tombol Publikasikancara membuat blog

Mengubah Template blog di Blogger 

Memang template yang di sediakan oleh blogger kurang menarik, tapi kita juga bisa mengubah template blogger sesuai yang kita inginkan dan tentunya menjadi lebih menarik. Untuk bisa mendapatkan template blogger anda bisa mencari mencarinya di gooyabitemplates ataupun di Btemplate. Namun jika anda ingin menggunakan template Brosense buatan mas sugeng anda bisa mendownload template BroSense melalui link berikut.

Download BroSense  ||  Demo

  1. Setelah anda mendownload template yang ingin anda gunakan, Masuk ke dashboard blogger dan pilih menu Templatecara membuat blog dan mengganti template blog
  2. Lalu pilih Cadangkan/Pulihkan di bagian pojok kanan atas.cara membuat blog
  3. Pilih Browsecara membuat blog
  4. Akan muncul Windows Dialog baru, selanjutnya pilih template yang akan anda gunakan. Template blogger mempunyai format atau type file XML document. Klik Opencara membuat blog gratis
  5. Selanjutnya klik Unggah untuk mengubah template blog di blogger.cara membuat blog gratis
  6. Selesai.

Untuk Melihat, apakah template blog anda telah berubah. Silahkan klik menu Lihat Blog.cara membuat blog untuk pemula

Yap.! Sekarang anda telah berhasil membuat blog di blogger dan juga mengubah tampilan/template blog menjadi lebih menarik.

Lalu, langkah apa yang harus di lakukan selajutnya??

Banyak sekali hal-hal yang harus dilakukan ketika anda telah berhasil membuat blog. Seperti, mengatur menu, mengatu layout blog mengatur widget dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dilakukan agar blog anda menjadi sukses.

Penutup

Itulah tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah di tampilan blogger yang baru. Setelah saya bandingkan, memang terdapat beberapa perbedaan antara cara membuat blog di tampilan yang baru dengan yang lama. Tapi pada prinsipnya tetap sama.

Semoga tutorial ini bisa anda implementasikan dengan baik.

Jika anda mengalami kendala pada saat membuat blog di blogger. Anda bisa bertanya melalui form komentar atau melalui fanspage TutorialPedia.NET

31 comments

  1. Waaah Saya baru tau cara blog versi ini,…

  2. makasih mas info nya sangat membantu tentang cara membuat blog nya mas ,sekrang saya mau belajar membuat blog.thanks banget mas

  3. tanks banget telah berbagi pengetahuan……jadi tahu sedikit tentang blog.

  4. Toko wallpaper sidoarjo surabaya

    Saya mau tanya, lebih bagus pakai profil google+ atau blogger yaa mas? Mohon pencerahannya. Terima kasih

  5. Ya mas saya juga pake Template di Gooyabi

  6. semangat mencoba ……

  7. kenapa ketika saya membuat blogger kenapa akun nya tidak google+?

  8. min saya pemula blogger, apakah blog http://www.dibacadulu.com/ sudah bagus menurut pandangan admin??

  9. Terima kasih untuk infonya

  10. terimakasih gan sangat membantu sekali

  11. Nice info gan.. i have a blog also. thanks for your explaining. dont forget to visit my blog gan.

  12. Wahh lengkap sekali.. Terimakasih banyak ya min 🙂 mudah-mudahan lancar kedepannya

  13. Terima kasih mas. sangat membantu sekali artikel ini

  14. halloo mas
    untu tutorialnya sangat lengkap
    sangat berguna untuk saya yang sedang belajar bikin blog

    terimakasih banyak mas

  15. thanks gan, sangat membantu, tutorialnya sangat lengkap dan jelas… cocok untuk pemula seperti saya 🙂

  16. reseller hosting indo

    terimakasih , sangat membantu seklai artikelnya

  17. mahkaryacargosurabaya

    good lesson
    visit us

  18. Terima kasih min,tutorialnya sangat mudah di mengerti bahkan oleh orang awam seklipun.

    tapi, saya ada sedikit pertnyaan. Sebenarnya apa sih perbedaan membuat blog dengan profil google plus atau profil terbatas ?

    Apa kelebihan dan kekurangan dari dua jenis profil tersebut ?

    Jika Admin berkenan tolong di jawab, terima kasih

  19. trimakasih min sedikit sedikit sudah bisa membuat blog

  20. tapi ada sedikit kendala bagi saya
    mungkin kalo bagi saya adalah cara untuk mendatangkan pengunjung yang sangat susah dan memerlukan tahap dan waktu yang banyak karena tidak semua orang tahu cara mempromosikan blog yang benar untuk mendatangkan pengunjung yang melimpah

  21. Membuat blog di blogspot sangat mudah sih mas cuma buat populer yang susah. Harus merhatikan tulisan lah, template lah, promosi lah dan berbagai macem. Menurut saya sih kalau terlalu fokus ke situ bakalan susah berkembangnya. Intinya ya menulis aja, gmana caranya agar tulisan kita disenangi oleh bannyak orang. Menurut pengalaman saya sih mas hehe.
    Menurut mas gmana?

  22. Saya pertama kali ngeblog pakai blogspot ini namun karena saya rasa lebih aman dan bagus pakai wordpress saya pakai WP saja deh soale banyak plugin-plugin yang bagus 🙂

  23. terimakasih atas informasinya

  24. memang mudah membuat blog melalui blogger, cuma bagaimana sih mas meningkatkan traffik yang banyak, apakah hanya dengan menembak keyword yang tinggi akan serta merta menadapatkan traffik tinggi juga?

    • perbanyak posting artikel yang bermanfaat.
      kalau artikel kita bermanfaat untuk orang banyak, nanti juga akan banyak pengunjungnya..
      jgn terlalu fokus dengan SEO, karena kalau kita salah langkah, itu malah jadi boomerang untuk blog kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

tips memilih web hosting

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat Untuk Situs anda

Memilih web hosting sepintas memang mudah, tapi jika anda membeli webhosting tanpa meneliti lebih dalam, tentunya akan dapat berdampak buruk ...