Cara Mudah Membuat Text Editor Dengan PHP

Pada tutorial php sebelumnya kita telah belajar tentang Cara Membuat Galeri Gambar dengan PHP dan MySQL. Pada tutorial kali ini saya akan membuat cara mudah membuat text editor dengan php. Fungsi dari text editor ini yaitu untuk memudahkan anda membuat suatu tampilan halaman yang mana memiliki tombol browse file untuk mencari file yang akan diedit, dan juga textarea untuk melakukan edit yang dilengkapi dengan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data.

 

Untuk membuat text editor dengan php caranya sangat mudah sekali, pada tutorial kali ini saya tidak menggunakan database mysql. Langsung saja.

Membuat Text Editor Dengan PHP

Buat sebuah file php dengan nama editor_text.php. lalu masukkan kode dibawah ini:

Cara  kerja kode diatas sangat sederhana, yaitu ketika kita melakukan browse dan buka file, maka akan dilakukan pembacaan file yang kemudian isi file tersebut ditampilkan dalam textarea.

elanjutnya jika kita melakukan perubahan dan klik tombol simpan, maka akan dilakukan penulisan pada file yang sama dengan isi data yang baru. Dan tersimpanlah text yang tadi kita input pada textarea. Cukup mudah bukan. Anda dapat mengembangkan lebih lanjut sesuai kreatifitas Anda. Oia, anda tidak hanya dapat mengubah file .txt namun juga file .php, .html dan sebagainya.

Demikian tutorial Cara Mudah Membuat Text Editor dengan PHP

No Response

Leave a reply "Cara Mudah Membuat Text Editor Dengan PHP"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.