Home » MySQL » Cara Export Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP
export data mysql ke excel

Cara Export Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP

Export Data Dari MySQL ke Excel – Pada tutorial kali ini saya akan mencoba sedikit membahas tentang bagaimana Cara Export Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP. Tutorial ini sangat sederhana sekali, tapi mungkin akan sangat bermanfaat untuk anda yang saat ini mungkin sedang mengerjakan tugas atau skripsi yang membutuhkan fitur export data dari mysql ke excel.

Karena data yang akan di Export adalah data yang berasal dari database MySQL, maka yang pertama adalah membuat sebuah database, membuat table database, dan menyisipkan data-data didalam table tersebut. Dalam kasus ini seperti biasa saya membuat database dengan nama tutorialpedia.

Jika anda belum tahu cara membuat database di mysql anda bisa membaca tutorial berikut ini:

Dibawah ini saya berikan dump sql yang bisa anda eksekusi langsung pada konsole sql anda.

Setelah menjalankan script diatas. Akan terbentuk sebuah table dengan nama Siswa. Dan akan terdapat beberapa rows yang telah terisi.

Setelah melakukan dumping sql diatas. Sekarang buatlah 3 buah file PHP dengan nama index.phpdata.php, dan export.php.

Cara Export Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP

Pertama buat file data.php. File ini yang berisi query ke database untuk menampilkan data-data yang sudah di dumping ke database tadi dalam bentuk tabel. Dan berikut ini script didalam file data.php.

Selanjutnya kita buat file dengan nama index.php dimana file index.php ini berfungsi untuk menginclude kan file data.php. dan akan ada satu tombol yang digunakan untuk meng-export data. Berikut ini isi dari file index.php:

Seperti yang anda lihat, pada kode index.php diatas, kita akan menginclude-kan file data.php di dalam index.php. Dan sebuah tombol yang ketika di klik akan membuak file export.php, file export.php inilah yang akan melakukan proses export data ke Excel.

Buatlah file baru dengan nama export.php lalu isikan kode dibawah ini.

Penjelasan kode ada script di atas, yang perlu diperhatikan adalah pada baris kode ke-6 dan ke-9. baris ke-6 terdapat kode yang berguna untuk memberi nama file pada dokumen excel ketika di download, disini diberi nama tutorialpedia-export.xls.

Dan pada baris ke-9 berguna untuk memasukkan data yaitu hasil tampilan dari file data.php.

Setelah itu simpan semua perubahan. Lalu jalankan file index.php melalui browser. Dan klik tombol Export Data ke Excel.

Maka akan tampil hasil export tadi seperti dibawah ini. export data dari mysql ke excelJika anda hanya ingin export data dari mysql ke excel hanya jurusan akuntansi saja. Maka yang perlu anda ubah adalah pada bagian query sql tersebut.

lalu tambahkan where clause jurusan sehingga menjadi seperti ini.

janga lupa simpan perubahan, lalu coba refresh browser anda. Lalu klik lagi tombol Export Data ke excel.

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini.export data dari mysql ke excel

Itulah tutorial Cara Export Data Dari MySQL ke Excel dengan PHP, mudah bukan?

Jika ada pertanyaan mengenai tutorial export data dari mysql ke excel, anda bisa meninggalkan komentar dibawah ini atau menghubungi langsung fanpage TutorialPedia.NET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

membuat database mysql

Cara Membuat Database MySQL dengan PHPMyAdmin

Cara Membuat Database MySQL – MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi ...