More

    Tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHP

    Tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHP –  Pada tutorial php kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara melakukan cetak data secara langsung dengan bahasa pemrograman. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mencetak data dari web secara langsung salah satunya adalah dengan menggunakan javascript print window, anda bisa mencetak dengan mudah data yang ada pada situs web. Namun, ada kalanya customer minta agar proses cetak data bisa dilakukan secara langsung atau direct print istilah nya seperti aplikasi penjualan yang dibuat dengan visual basic atau java misalnya.

    Sebenarnya PHP juga support untuk fitur direct print hanya saja kita butuh perjuangan agar fitur ini bisa digunakan jika kita menggunakan bahasa pemograman PHP.

    Untuk bisa mencetak data secara langsung dengan PHP anda membutuhkan sebuah library yang bernama PHP_printer.

    Langkah-langkah Menginstall Extensi php_printer Di OS Windows.

    PHP sudah menyediakan extensi yang bernama php_printer untuk menyelesaikan masalah ini, hanya saja extension ini tidak terinstall secara otomatis ketika anda menginstall PHP baik secara terpisah atau menggunakan Xampp, jadi anda harus menginstallnya secara manual.

    Untuk menginstall library ini, silahkan download library php_printer dan silahkan pilih file yang sesuai dengan versi PHP yang anda gunakan. jika sudah silahkan extract ke C:\xampp\php\ext.

    Kemudian kita akan mendaftarkan extensi ini agar dikenali oleh PHP, cara nya silahkan buka file php.ini yang ada pada folder C:\xampp\php\ dan tambahkan script berikut ini :

    extension=php_printer.dll

    setelah itu jangan lupa lakukan save dan silahkan restart apache anda untuk mendapatkan perubahan, sekarang silahkan buka halaman phpinfo()

    cetak data secara langsung dengan phpSeperti yang terlihat bahwa sekarang extension php_printer sudah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya kita akan melakukan percobaan untuk print data secara langsung.

    Sekarang kita akan ke tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHP

    Langkah-langkah Cetak Data secara Langsung dengan PHP

    sekarang kita akan membuats script untuk mencetak data langsng ke printer ketika file ini dibuka, silahkan buat sebuah file baru dengan nama cetak_langsung.php dan isi dengan kode berikut ini:

    <?php
    /* contoh text */  
    $text = 'Eh, ini adalah pesan text yang akan tercetak di printer...!';     
    /* tulis dan buka koneksi ke printer */    
    $printer = printer_open("EPSON L120 Series");  
    /* write the text to the print job */  
    printer_write($printer, $text);   
    /* close the connection */ 
    printer_close($printer);
    ?>

    anda bisa mendapatkan informasi printer pada settingan devices and printer pada control panel, silahkan sesuaikan dengan printer yang ingin anda gunakan ketika mencetak data.cetak data secara langsung dengan php

    Sekarang coba buka secara langsung file php yang sudah kita buat tadi melalui browser. Jika settingan printer anda sudah benar, maka kita mengakses file cetak_langsung.php file tersebut akan mengeksekusi printer untuk mencetak data.

    Dari kode tersebut anda bisa kembangkan lagi untuk mencetak data yang berasa dari database ataupun berdasarkan input user.

    Demikian Tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHP.

    Semoga bermanfaat,

    Recent Articles

    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...
    membuat app django

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #4: Membuat App Django

    0
    Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal apa itu django dan bagaimana cara membuat project pertama dengan django. Pada bagian ke #4 ini saya akan...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #3: Membuat Project Django

    0
    Pada tutorial django bagian #3 ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat project baru dengan django. Tak hanya itu, kita juga akan belajar bagaimana...
    tutorial django bahasa indonesia

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #2: Installing Requirements

    2
    Masih dalam seri Tutorial Django Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan melajutkan artikel sebelumnya yaitu Tutorial DJango Bahasa Indonesia #1: Pengenalan dan Sejarah Perkembangannya. Seperti web...

    Related Articles

    2 Comments

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!