More

    Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya

    Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya – Metode penulisan kode program dalam bahasa pemrograman PHP di bagi menjadi 2 yaitu Prosedural dan Object oriented programming atau yang biasa di sebut OOP. Pada metode prosedural semua kode yang dituliskan tidak di buat dengan terstruktur, jadi kelemahan nya susah untuk melakukan debuging dan bekerja sama antar tim yang mengerjakan.

    OOP hadir dengan metode semua nya tertuju atau berorientasi kepada sebuah objek tertentu. Dengan menggunakan OOP ini kode program akan terlihat lebih rapi dan terstruktur. Permodelan dengan OOP akan lebih jelas kegunaan setiap module yang ingin di buat. Pembuatan aplikasi dengan model OOP juga akan memudahkan developers bekerja antar tim dan membuat suatu sistem secara nyaman. Selain PHP yang mengimplementasikan metode OOP yaitu seperti pemrograman JAVA dan C++.

    Pengembangan lain terhadap konsep OOP pada php yaitu muncul nya sebuah framework atau kerangka kerja yang siap digunakan, contohnya framework PHP yang banyak digunakan developers yaitu Laravel. Anda juga bisa belajaar Laravel di situs didikprabowo.com.

      Hal-hal yang perlu di pelajar pada OOP

    Hal-hal yang perlu di pelajari pada OOP sebaiknya di lakukan secara bertahap agar lebih mudah dalam proses belajar. Di bawah ini hal-hal yang perlu di pelajari dalam konsep OOP pada pemrograman PHP.

    •  Object, Class, Property dan Method.
    • Construct dan Destuct
    • Pewarisan
    • Interface
    • abstraki

    Selain hal-hal di atas anda juga perlu mempelajari konsep yang di pakai nya, seperti mengeti mengenai autoloading dan namescape pada OOP pemrograman PHP.

      Implementasi OOP pada Pemrograman PHP

      Membuat Class Pada PHP

    Class merupakan sebuah kerangka untuk membungkus sebuah kode yang ingin dibangun untuk menggambarkan apa saja yang dilakukan didalamnya. Dengan menggunakan class maka kode akan terlihat reuseable dan scalaable.

    Di bawah ini contoh class Pada PHP

    <?
    phpclass BelajarPHP {
    //isi konten
    }
    ?>

    Pada kode program di atas berisi sebuah class dengan nama BelajarPHP. Sebaiknya nama class sama dengan nama file dengan ekstensi PHP.

    Untuk memanggil class pada PHP kita harus instance dengan menggunakan objek. Di bawah ini implementasi pemanggilan class pada PHP.

    <?php
    $belajar = new BelajarPHP
    ?>

    Kode di atas ketika dijalankan tidak terdapat hasilnya karena di dalam class belum tersedia isinya. Agar dapat di lihat isinya dan di panggil secara otomatis dapat menggunakan cosntructor.

      Menggunakan Constructor pada PHP

    Setelah sudah berhasil membuat class pada php mari kita tambahi sebuah constructor, jadi kodenya menjadi

    <?php
    class BelajarPHP {
    var $name ;
    function__construct($name){
    $this->nama = $name
    }
    }
    $belajar = new BelajarPHP("Galang")
    ?>
    

    Kode di atas ketika dijalankan akan muncul tulisan

    Golang

      Membuat Method pada PHP

    Method terletak di dalam class PHP, method tersebut akan mengorginisir setiap fungsi yang ingin kita buat. Di bawah ini contoh menggunakan method pada PHP.

    <?php
    class BelajarPHP {
    var $name ;
    function__construct($name){
    $this->nama = $name;
    }
    public function index(){
    return "ini Dari Index";
    }
    }
    $belajar = new BelajarPHP("Galang")
    echo $belajar->index();
    ?>
    

     

    Ketika program dijalankan akan memanggil constructor dan method index yang sudah kita panggil. Hasil dari kode program tersebut yaitu

    Galang ini Dari Index

    Sekian Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya.

    Semoga Bermanfaat.

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!