Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya

Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya – Metode penulisan kode program dalam bahasa pemrograman PHP di bagi menjadi 2 yaitu Prosedural dan Object oriented programming atau yang biasa di sebut OOP. Pada metode prosedural semua kode yang dituliskan tidak di buat dengan terstruktur, jadi kelemahan nya susah untuk melakukan debuging dan bekerja sama antar tim yang mengerjakan.

OOP hadir dengan metode semua nya tertuju atau berorientasi kepada sebuah objek tertentu. Dengan menggunakan OOP ini kode program akan terlihat lebih rapi dan terstruktur. Permodelan dengan OOP akan lebih jelas kegunaan setiap module yang ingin di buat. Pembuatan aplikasi dengan model OOP juga akan memudahkan developers bekerja antar tim dan membuat suatu sistem secara nyaman. Selain PHP yang mengimplementasikan metode OOP yaitu seperti pemrograman JAVA dan C++.

Pengembangan lain terhadap konsep OOP pada php yaitu muncul nya sebuah framework atau kerangka kerja yang siap digunakan, contohnya framework PHP yang banyak digunakan developers yaitu Laravel. Anda juga bisa belajaar Laravel di situs didikprabowo.com.

  Hal-hal yang perlu di pelajar pada OOP

Hal-hal yang perlu di pelajari pada OOP sebaiknya di lakukan secara bertahap agar lebih mudah dalam proses belajar. Di bawah ini hal-hal yang perlu di pelajari dalam konsep OOP pada pemrograman PHP.

  •  Object, Class, Property dan Method.
  • Construct dan Destuct
  • Pewarisan
  • Interface
  • abstraki

Selain hal-hal di atas anda juga perlu mempelajari konsep yang di pakai nya, seperti mengeti mengenai autoloading dan namescape pada OOP pemrograman PHP.

  Implementasi OOP pada Pemrograman PHP

  Membuat Class Pada PHP

Class merupakan sebuah kerangka untuk membungkus sebuah kode yang ingin dibangun untuk menggambarkan apa saja yang dilakukan didalamnya. Dengan menggunakan class maka kode akan terlihat reuseable dan scalaable.

Di bawah ini contoh class Pada PHP

Pada kode program di atas berisi sebuah class dengan nama BelajarPHP. Sebaiknya nama class sama dengan nama file dengan ekstensi PHP.

Untuk memanggil class pada PHP kita harus instance dengan menggunakan objek. Di bawah ini implementasi pemanggilan class pada PHP.

Kode di atas ketika dijalankan tidak terdapat hasilnya karena di dalam class belum tersedia isinya. Agar dapat di lihat isinya dan di panggil secara otomatis dapat menggunakan cosntructor.

  Menggunakan Constructor pada PHP

Setelah sudah berhasil membuat class pada php mari kita tambahi sebuah constructor, jadi kodenya menjadi

Kode di atas ketika dijalankan akan muncul tulisan

Golang

  Membuat Method pada PHP

Method terletak di dalam class PHP, method tersebut akan mengorginisir setiap fungsi yang ingin kita buat. Di bawah ini contoh menggunakan method pada PHP.

 

Ketika program dijalankan akan memanggil constructor dan method index yang sudah kita panggil. Hasil dari kode program tersebut yaitu

Galang ini Dari Index

Sekian Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya.

Semoga Bermanfaat.




Untuk anda yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang PHP khususnya framework laravel, anda bisa membeli DVD Panduan Laravel Untuk Pemula Hingga Mahir Lengkap! Disana anda akan belajar tentang basic-basic php khususnya framework laravel dan juga anda akan belajar tentang bagaimana membangun sebuah aplikasi menggunakan framework laravel. Untuk lebih detailnya silahkan klik DISINI
Selain dalam bentuk DVD kami juga menyediakan dalam bentuk soft copy yang bisa anda unduh melalui Google Drive

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak dibawah ini:

WA/SMS : 083867780602 a/n Fikriansyah
Tags:
No Response

Leave a reply "Pengenalan OOP pada pemrograman PHP dan Implementasinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.