Kumpulan Perintah Manipulasi String PHP

Kumpulan perintah manipulasi String PHP – Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang manipulasi string dengan fungsi-fungsi yang ada di PHP. Manipulasi string bertujuan untuk mengolah tipe data string php sesuai apa yang kita butuhkan. Di dalam pemrograman PHP me-manipulasi string ini merupakan pokok dari pengolahan data yang ingin ditampilkan. Pada pemrograman PHP telah di sediakan fitur tersebut maka dari itu pengolahan fitur string perlu dipelajari dan di manfaatkan. Maksud dari manipulasi string disini misalnya anda dapat menghitung jumlah karakter yang terdapat pada string, memfilter karakter atau kata tertentu yang terdapat di dalam string, mengganti karakter tertentu pada string dengan karakter lain dan lainnya.

Kumpulan Perintah Manipulasi String PHP

1. Menghitung Jumlah karakter kata dan jumlah kata

Untuk menghitung jumlah karakter panjang suatu string dapat menggunakan perintah strlen(). Pada contoh kali ini kita akan mencoba menghitung jumlah kata yang ada pada kata “tutorialpedia.net”. Maka kode yang digunakan adalah sebagai berikut:

Maka hasilnya adalah 17, Lihat pada gambar berikut.manipulasi string php

2. Menghitung jumlah kata pada String dengan str_word_count()

untuk menghitung jumlah kata yang terdapat pada sebuah string anda bisa menggunakan fungsi yang sudah di sediakan oleh php yaitu fungsi str_word_count(). berikut adalah cara penulisan fungsi str_word_count() untuk menghitung jumlah kata pada sebuah string.

maka hasilnya ada 6 kata pada kalimat tersebut. berikut hasilnyamanipulasi string php

3. Membalik dan mengganti Karakter String di PHP

Untuk membalik karakter string pada pemrograman PHP dapat menggunakan perintah strrev(). Berikut ini contohnya :

maka hasilnya seperti berikut ini. manipulasi string php

Sedangkan untuk mengganti karakter string tertentu dapat menggunakan perintah str_replace(). Penggunaan str_replace() ini yang perlu ada yaitu karakter yang ingin di ganti. Contohnya

manipulasi string php

Pada perintah diatas kita mencoba untuk me-replace spasi menjadi strip.

Perintah-perintah di atas merupakan cara memanipulasi string dengan php. Cara kerjanya yaitu dengan mendeklarasikan variable yang berisi string kemudian variable tersebut dimasukan dalam perintah manipulasi string, kemudian hasilnya dicetak menggunakan perintah “echo’.

Itulah tutorial PHP tentang  Kumpulan Perintah Manipulasi String PHP.

Untuk anda yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang PHP khususnya framework laravel, anda bisa membeli DVD Panduan Laravel Untuk Pemula Hingga Mahir Lengkap! Disana anda akan belajar tentang basic-basic php khususnya framework laravel dan juga anda akan belajar tentang bagaimana membangun sebuah aplikasi menggunakan framework laravel. Untuk membeli DVD tutorial tersebut silahkan klik tombol dibawah ini.

BELI SEKARANG

No Response

Leave a reply "Kumpulan Perintah Manipulasi String PHP"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.