Home » PHP » Membuat AutoComplete Dengan PHP, Ajax dan MySQL
membuat autocomplete dengan php

Membuat AutoComplete Dengan PHP, Ajax dan MySQL

Membuat AutoComplete Dengan PHP, Ajax dan MySQL – Pada tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat autocomplete dengan php, ajax dan mysql.

Apa itu autocomplete?

Pernahkah anda melakukan pencarian di google, lalu dengan menggetikkan permulaan keyword yang ingin anda cari maka google akan memberikan ‘suggestion keyword’ (saran kata kunci) yang ingin anda cari dan anda bisa langsung memilihnya, nah itu adalah salah satu contoh dari autocomplete yang akan kita pelajari pada tutorial ini.

Lalu, bagaimana cara membuat autocomplete dengan php?

Berikut ini akan saya berikan tutorial tentang membuat autocomplete dengan php.

Membuat AutoComplete Dengan PHP, Ajax dan MySQL

  1. Buat database terlebih dahulu, kali ini saya tidak saya jelaskan secara mendetil tentang bagaimana cara membuat database dan table baru pada mysql. Untuk mempermudah anda bisa dumping query sql berikut:
     
  2. setelah membuat database, kemudian kita akan membuat form yang akan digunakan untuk melakukan pencarian data autocomplate dengan teknik ajax, silahkan buat sebuah file baru dengan nama index.php dan tulislah script berikut :
  3. sekarang kita akan membuat sebuah file baru dengan nama  autocomplate_search.php, file ini nanti akan bertugas untuk menggenerate data json berdasarkan keyword yang dikirimkan oleh file utama dengan teknik ajax, silahkan ketik script berikut ini :
     

Sekarang coba jalankan.

Itulah tutorial Membuat AutoComplete Dengan PHP, Ajax dan MySQL.

sumber : belajarphp.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*