Home » PostgreSQL » Membuat Database Baru di PostgreSQL
membuat database baru postgresql

Membuat Database Baru di PostgreSQL

Membuat Database Baru di PostgreSQL – Pada bab sebelumnya kita telah belajar tentang bagaimana cara install postgresql di linux maupun windows. Untuk membuat database baru di postgresql, terdapat perbedaan apabila anda menggunakan sistem operasi windows atau linux. Jika menggunakan sistem operasi windows, anda akan dimudahkan di pgAdmin III yang merupakan klien database grafis berguna untuk mengquery dan memodifikasi database.

 

Lalu bagaimana cara Membuat Database Baru di PostgreSQL di windows dan juga linunx??

Berikut ini akan saya berikan tutorialnya.

Membuat Database Baru di PostgreSQL

PgAdmin III adalah klien resmi untuk PostgreSQL dan Anda menggunakan bahasa SQL untuk memanipulasi data tabel Anda. Ini juga memungkinkan untuk membuat dan memanipulasi database dari command-line, tetapi untuk saat ini, pgAdmin III merupakan cara yang mudah untuk memulainya.

  1. Buka pgAdmin III. Ini seharusnya terdapat di Menu Start dibawah All Programs -> PostgreSQL 9.3 > pgAdmin III.
  2. Pada panel di kiri bawah Servers, klik kanan pada tulisan PostgreSQL dan klik “Connect”.membuat database baru
  3. Masukan kata sandi pengguna postgres yang dibuat ketika Anda menginstal perangkat lunak. Perhatikan bahwa nama pengguna dan kata sandi yang diperlukan sehingga Anda dapat membuat dan mengakses databse.membuat database baru
  4. Klik kanan pada Databases dan pilih New Database…membuat database baru
  5. Anda harus memasukkan beberapa informasi untuk membuat database baru: nama dan pemilik. Pada tab Properties, berikan nama untuk database baru. Seperti contoh ini, kita memberikan nama databasenya adalah gisdb. Kita juga harus memberi database kita seorang pemilik. Setelah kita hanya memiliki satu pengguna saat ini, mari beri database postgres kita seorang pemilik. (Catatan: Untuk alasan keamanan biasanya ini adalah ide yang baik untuk membuat pengguna tanpa meminta izin ke superuser, tetapi untuk saat ini tidak perlu khawatir mengenai hal ini.)membuat database baru
  6. Klik OK untuk membuat database. Anda saat ini akan melihat database Anda terdaftar di bawah “Databases”.
  7. Kita perlu menjalankan perintah sekarang untuk mengaktifkan database dengan ekstensi PostGIS. Klik pada tombol SQL di atas PgAdmin III.
  8. Pada jendela query, ketikan:
  9. Kemudian klik tombol “Execute query”.

Sekarang kita telah berhasil membuat database baru di posgresql diwindows.

Lalu, sekarang bagaimana cara membuat database baru di postgresql untuk pengguna linux?

Untuk pengguna linux anda juga bisa menggunakan pgAdmin untuk memanage database di postgresql, namun bagi anda yang terbiasa dengan cli(command line interface)  berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Untuk masuk ke shell postgresql, kita harus mengubah user terlebih dahulu menjadi postgres, dimana postgres ini adalah user yang otomatis terbuat kita anda menginstall package postgresql. Jalankan command dibawah ini pada terminal linux anda.
  2. Sekarang masuk ke shell postgresql. jalankan perintah dibawah ini:
  3. Query membuat database baru di postgresql

Selesai.

Itulah langkah mudah membuat database baru di postgresql.

Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*