Home » Linux » Cara Install PostgreSQL di Linux
cara install postgresql di linux

Cara Install PostgreSQL di Linux

Cara Install PostgreSQL di Linux – PostgreSQL atau (Post-gress-SQL) adalah sebuah relational database manajemen system  (RDBMS) yang di kembangkan oleh tim relawan yang ada di seluruh dunia yang bersifat open source. PostgreSQL tidak di kontrol oleh perusahaan atau badan swasta lainnya sehingga source code (kode sumber) yang tersedia bisa di dapatkan secara gratis.

Pada tutorial sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana langkah-langkah cara install postgresql di windows serta Apa itu PostgreSQL dan Sejarah Perkembangannya.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan panduan tentang Cara Install PostgreSQL di Linux Ubuntu 16.04.

 

Cara Install PostgreSQL di Linux

Secara default ubuntu sudah menyediakan package installasi postgresql, jadi untuk menginstallnya kita cukup melakukan dengan perintah apt.

  1. Update repository
  2. Install PostgreSQL

Selesai.

Secara default postgresql akan membuat user baru dengan nama postgres , agar bisa login ke postgresql, kita perlu mengubah terlebih dahulu user yang anda gunakan.

Sekarang, kita bisa masuk ke shell postgresql dengan perintah dibawah ini

Jika anda menemukan masalah seperti dibawah inicara install postgresql di linuxitu artinya, anda masih dalam user root. Oleh karena itu, anda diharuskan mengubah user yang anda gunakan menjadi postgres.

Itulah tutorial tentang Cara Install PostgreSQL di Linux Ubuntu 16.04.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

cara install inkscape

Cara Install Inkscape Di Linux Debian

Cara Install Inkscape Di Linux – Apa itu Inkscape? Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) ...