Home » Blogging » Fitur Tumblr yang Bisa digunakan Untuk Blog
fitur tumblr

Fitur Tumblr yang Bisa digunakan Untuk Blog

Fitur Tumblr yang Bisa digunakan Untuk Blog – Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Tumblr adalah sebuah layanan microblogging yang akhir-akhir ini bisa juga digunakan untuk social media. Meskipun tidak sepopuler layanan microblogging seperti blogger dan wordpress, namun tetap saja tumblr menjadi salah satu layanan yang bisa anda coba untuk membuat blog. Tumblr memberikan sebuah pengalaman baru dalam blogging yang agak unik dibanding dengan layanan blog lainnya, memadukan jejaring sosial dan blogging dalam sebuah website.

 

Tidak seperti facebook, maupun twitter. Tumblr juga mempunyai fitur yang bisa anda gunakan untuk membuat blog. Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada pada tumblr yang bisa digunakan untuk membuat blog.

Fitur Tumblr yang bisa digunakan untuk membuat blog.

1. Editor

fitur tumbkr

  • Text. Sebuah text post berisi postingan anda yang terdiri dari teks bacaan, gambar, hyperlinks, video dan mungkin juga kode-kode html dapat ditambahkan di sini.
  • Photo. Untuk postingan berupa sebuah gambar dengan deskripsi gambar tersebut. Photo dapat di upload dari PC anda atau dari url photo yang sudah ada di web lain.
  • Quote. Berisi judul teks atau kutipan-kutipan kata.
  • Link. Sebuah link dari website dengan deskripsi akan isi link tersebut.
  • Chat. Chat post digunakan untuk berbagi potongan atau snippet sebuah pembicaraan.
  • Audio. berisi sebuah musik dengan format file .mp3 (dapat berupa lagu, podcast atau yang lainnya), yang dapat langsung di mainkan lewat Flash music player. Hanya satu post audio yang diperbolehkan perharinya.
  • Video. berisi video embedded, yang dapat di upload melalui PC, bisa juga diimport dari youtube atau vimeo.

2. Queuing and drafts.

Bila anda ingin mempublish tulisan atau post anda ketika sedang offline taruh lah postingan anda kedalam daftar publish di queue, dan pilih waktu kapan post anda akan terbit. contoh, setiap 1 jam atau pada tanggal dan jam tertentu. Fitur ini sangat berguna ketika anda sedang offline tapi ingin menerbitkan postingan blog anda atau ketika sedang bepergian dan tidak ada koneksi internet untuk mengurus blog tumblr anda.

3. Like and Reblog

Jika ada seseorang yang menyukai tulisan yang anda buat,  dan mereka ingin membagikannya di blog tumblr mereka, mereka dapat me-reblog nya. Kalau salah satu postingan anda di reblog oleh seseorang maka follower mereka juga akan melihat post anda. Kalau tidak ingin mereblog mereka dapat me-like your post seperti di facebook.

 

Itulah fitur tumblr yang bisa anda gunakan untuk membuat blog/blogging. Jika fitur yang saya paparkan diatas kurang lengkap, anda bisa mencobanya langsung tentang bagaimana cara membuat blog di tumblr. dengan begitu anda bisa mencobanya langsung tentang fitur apa saja yang disediakan oleh tumblr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

memilih nama domain

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Ada Beberapa hal yang di perlukan dalam membuat blog atau website yaitu memilih nama domain yang baik untuk situs anda. Para ...