Home » Blogging » Plugin yang Wajib Diinstall Pada WordPress dan Fungsinya
cara membuat website

Plugin yang Wajib Diinstall Pada WordPress dan Fungsinya

Plugin yang Wajib Diinstall pada WordPress Anda – Pada artikel sebelumnya kita telah belajar bagaimana cara melakukan installasi plugin dengan berbagai cara pada website wordpress anda. Artikel ini merupakan tutorial ke-4 tentang cara membuat website profesional dengan wordpress. Jika anda belum membaca tutorial sebelumnya, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu ke-3 artikel sebelumnya dibawah ini:

Saat pertama kali menggunakan wordpress self host pasti anda akan di bingungkan dengan plugin apa saja yang akan diinstall pada website wordpress anda. Selain itu, ada baiknya pula kita perlu menentukan plugin dasar yang nantinya digunakan sebagai pondasi website wordpress anda sebelum aktif melakukan posting dan optimasi. Oleh karena itu, disini saya akan mencoba memberikan referensi bagi anda tentang plugin yang wajib diinstall pada wordpress beserta fungsi-fungsinya.  Plugin-plugin ini merupakan plugin yang biasa saya gunakan saat pertama kali menginstall wordpress self hosting.

Plugin yang Wajib Diinstall Pada WordPress Anda

1. Akismet

Plugin ini bisa dibilang plugin yang amat krusial bagi website anda, bahkan saat pertama kali install wordpress plugin ini secara otomatis langsung terinstall pada dashboard admin. Bisa di bilang akismet ini plugin ajaib,  kenapa saya bilang ajaib? Sebab akismet mampu menghalau berbagai komentar SPAM yang menyerang blog Anda. Jika Anda tidak percaya, maka saya sedikit tunjukkan bagaimana efektifitas kerja dari plugin ini pada salah satu blog saya.

plugin yang wajib diinstall

terhitung baru 1 bulan plugin akismet mampu memblokir 216 komentar SPAM dengan tingkat accuracy 100%! Plugin ini merupakan salah satu plugin yang wajib diinstall pada CMS WordPress anda. Tanpa plugin ini anda akan sangat kerepotan untuk memoderasi komentar-komentar yang masuk, dan anda juga akan kesulitan untuk membedakan mana komentar SPAM dan komentar yang natural.

 2. WordPress SEO

plugin yang wajib diinstall

Plugin SEO ini juga merupakan salah satu plugin yang wajib diinstall pada CMS wordpress anda. Untuk plugin SEO ini ada beberapa yang cukup populer dan banyak penggunanya yaitu Yoast SEO dan All In One SEO Pack Anda bisa menginstall nya melalui dashboard admin Plugins > Add New. Atau anda bisa melihat tutorial berikut ini berbagai cara install plugin di wordpress.

Plugin SEO ini berfungsi untuk melakukan pengaturan SEO OnPage pada website anda. SEO merupakan hal yang penting untuk di pelajari dalam dunia blogging, karena dengan kita mengerti tentang SEO, website kita lebih taratur dan mudah di telusuri oleh mesin pencari seperti google. Dengan adanya bantuan plugin ini kita akan di permudah dengan pengaturan meta tag, meta description dsb. Selain itu, banyak sekali feature yang di tawarkan pada plugin SEO ini.

Untuk saya peribadi lebih mudah menggunakan Yoast SEO dari pada All In One SEO Pack. Namun itu terserah anda, saya hanya merekomendasikan ke-2 plugin ini karena menurut saya 2 plugin ini merupakan plugin yang banyak sekali penggunanya. Tips dari saya adalah sebaiknya tentukan plugin SEO sedari dini, karena plugin SEO ini sifatnya lifetime Apabila saat di tengah jalan kita mencoba perpindahan plugin dari yoast ke AIO kita perlu mengubah lagi dari awal pengaturan SEO pada setiap artikel. Tentunya ini sangat merepotkan bukan?

3. JetPack

plugin yang wajib diinstall

Banyak pengguna WordPress bilang plugin jetpack adalah salah satu penyebab kenapa website worpdress jadi lambat. Namun menurut saya pribadi plugin JetPack ini masih dalam kategori plugin yang wajib diinstall pada CMS WordPress. Kenapa??

Karena banyak sekali feature yang menurut saya penting ada dalam blog kita. Di antaranya:

  • Site Stats berfungsi untuk menampilkan statistik visitor yang mengunjungi website kita. Salah staunya kita dapat melihat dari negara mana saja pengunjung kita berasal, keyword apa saja yang masuk, kita juga bisa melihat jumlah postingan yang paling banyak di  lihat oleh pengunjung.
  • Subscriptions berfungsi untuk pengunjung yang ingin berlangganan artikel.
  • Protect berfungsi untuk mencegah website kita dari serangan brute force.
  • Photon berfungsi sebagai CDN dari gambar yang kita upload.
  • dan masih banyak lagi

Jetpack juga memiliki fitur PRO yang mana kita harus membeli lisensi agar kita bisa menggunakan fitur tersebut.

4. Tiny MCE Advanced

plugin yang wajib diinstall

plugin tiny mcs advanced ini berfungsi sebagai visual editor yang nantinya digunakan untuk menulis artikel pada blog anda. Ini juga merupaka salah satu plugin yang wajib diinstall pada CMS WordPress. Karena dengan adanya bantuan plugin ini kita akan dipermudah untuk melakukan editing tulisan seperti menyisipkan link, heading dsb.

5. WordPress Related Post

plugin yang wajib diinstall

Plugin ini berfungsi untuk menampilkan artikel yang berkaitan dengan postingan yang anda buka. Plugin ini juga masuk ke dalam kategori plugin yang wajib diinstall pada cms wordpress anda. Dengan bantuan plugin ini pengunjung akan mudah melihat daftar artikel apa saja yang tersedia pada website anda. meskipun saat ini banyak sekali template wordpress yang sudah menyediakan fitur tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba plugin WordPress Related Post ini.

 

Itulah beberapa plugin yang wajib diinstall pada wordpress anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, plugin-plugin ini merupakan plugin yang wajib ada pada website apapun tema blog anda misal artikel tentang kesehatan, news portal, toko online dsb. Dan tentunya masih ada beberapa plugin yang wajib diinstall pada cms wordpress, namun kita juga perlu menyesuaikan plugin tersebut dengan tema yang sesuai dengan blog kita.

Studi kasus : Misalkan website anda memiliki tema kesehatan tentunya sangat tidak cocok apabila anda menginstall plugin woocommerce ataupun Crayon Syntax Highlighter yang mana ke-2 plugin tersebut di peruntukkan bagi niche blog toko online dan juga web coding.

Demikian artikel tentang Plugin yang Wajib Diinstall Pada WordPress dan Fungsinya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

memilih nama domain

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Ada Beberapa hal yang di perlukan dalam membuat blog atau website yaitu memilih nama domain yang baik untuk situs anda. Para ...