Home » Blogging » Cara Install Plugin di WordPress
cara membuat website

Cara Install Plugin di WordPress

Cara Install Plugin di WordPress – Salah satu kelebihan wordpress di bandingkan platform blog lainnya seperti blogger adalah dengan adanya plugin, dimana plugin ini sangat memudahkan kita dalam mengcustomisasi blog menjadi seperti apa yang kita inginkan. Banyak sekali plugin gratis hingga premium (trial) yang di sediakan  tersedia dan siap digunakan secara gratis di direktori wordpress. Perlu di ketahui bahwa tutorial ini diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan WordPress.org bukan WordPress.com. Karena di wordpress.com kita tidak bisa melakukan installasi plugin.

Sebelum melangkah ke tutorial Cara Install Plugin di WordPress ada baiknya anda membaca artikel berikut ini yang berkaitan dengan Cara Membuat Website Dengan WordPress.

  1. Cara Membuat Website Profesional Dengan WordPress

  2. Pengaturan Dasar Pada WordPress

Cara Install Plugin di WordPress.

1. Melalui Pencarian Pada Dashboard Admin

Cara ini merupakan cara termudah untuk melakukan installasi plugin pada wordpress. Karena kita cuku melakukan pencarian pada form yang telah disediakan. Tapi cara ini hanya digunakan jika anda ingin menginstall plugin gratisan yang tersedia di direktori wordpress.

Caranya Silahkan anda login ke halaman admin wordpress, lalu masuk ke menu Plugins > Add New

cara install plugin di wordpress

Lalu lakukan pencarian pada form seacrh pada bagian kanan atas, masukkan keyword plugin yang ingin anda cari. Pada contoh kali ini saya akan mencoba melakukan installasi plugin Yoast SEO.

cara install plugin di wordpress

Lalu klik Install Now  pada Yoast SEO

cara install plugin di wordpress

Pada hasil pencarian akan banyak sekali plugin-plugin yang hampir sama dengan keyword Yoast SEO, namun anda dapat membedakannya dari author atau dari jumlah active install pada plugin tersebut. Di karenakan Yoast SEO merupakan plugin yang cukup populer maka pilih yang aktif penggunanya paling banyak

Lalu jangan lupa untuk mengaktivasi plugin tersebut jika sudah selesai diinstall, dengan cara klik Activate.

cara install plugin di wordpress

 

2. Melalui Form Upload Plugin

Jika anda ingin menggunakan cara ini, anda harus mendownload dahulu plugin yang akan diinstall pada WordPress Plugins. Selain itu cara ini juga bisa anda gunakan apabila anda ingin memasang plugin premium yang biasanya di sediakan oleh codecanyonKarena pada umumnya banyak developer plugin berbayar sengaja tidak mengupload karya mereka pada direktori wordpress, meskipun ada tetapi tidak full features  seperti Yoast SEO misalnya. Oleh karena itu, form upload plugins wordpress berguna untuk menginstall plugins dari external sources.

Untuk melakukan upload plugin bisa dengan mengakses menu Plugins > Add New > Upload Plugin

cara install plugin di wordpress

akan muncul form upload plugin seperti berikut ini:

cara install plugin di wordpress

Klik Choose File lalu cari plugin yang ingin anda install dengan format .zip. Pada tutorial ini saya akan mencoba menginstall plugin Jetpack melalui form upload. Jika sudah klik Install Now.

Jika sudah berhasil jangan lupa untuk mengaktifkan plugin tersebut dengan menekan tombol Activate

cara install plugin di wordpress

3. Melalui FTP Upload

Cara berikut sedikit rumit dari pada kedua cara diatas, cara ini bisa anda gunakan ketika anda memiliki masalah saat mengakses admin area yang mungkin di sebabkan karena plugin atau tema yang bermasalah, sehingga saat kita mengakses website akan ada keterangan error yang mengakibatkan anda tidak bisa login ke wordpress admin area anda. Untuk menggunakan cara ini, anda membutuhkan software FTP client yang mana software ini berfungsi untuk melakukan koneksi ke hosting anda melalui FTP. Banyak sekali tool ftp client yang bertebaran di internet salah satunya yang bisa anda gunakan adalah FileZilla. Untuk mengunduhnya anda bisa mengikuti tautan berikut ini. Download Filezilla

Setelah itu lakukan koneksi menggunakan filezilla dengan memasukan Host, Username dan password ftp anda. Biasanya pada saat anda membeli sebuah web hosting anda akan di beri informasi detail tentang akun ftp yang anda bisa gunakan melalui email. Lihat gambar!

cara install plugin di wordpress

pada bagian port sengaja saya kosongkan karena memang meskipun kita kosongkan tetap akan terisi dengan port 21.

Jika sudah berhaasil masuk ke direktori hosting melalui ftp, langkah selanjutnya adalah mengupload plugin yang tadi sudah di download yang sebelumnya sudah di ekstrak terlebih dahulu.

Pada bagin remote site sebelah kanan pastikan anda sudah berada pada folder plugin ( public_html/wp-content/plugins). Lalu klik upload 

cara install plugin di wordpress

Dengan menggunakan FTP ini anda tidak hanya bisa mengupload saja, akan tetapi anda bisa mengubah dan juga menghapus plugin/tema yang bermasalah.

Setelah proses upload selesai, kita kembali pada dashboard admin anda dan melakukan aktivasi plugins tersebut. Karena ketika kita sudah berhasil mengupload plugin, plugin tersebut tidak langsung otomatis aktif, kita perlu mengaktifkannya melalui dashboard admin anda.

masuk ke menu Plugins > All Plugins lalu klik activate pada plugin tersebut.

cara install plugin di wordpress

Begitulah beberapa cara install plugin di wordpress yang bisa anda gunakan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda yang saat ini sedang mengembangkan website/blog wordpress anda. Apalagi bagi anda yang masih pemula dalam WordPress self hosting ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

tips memilih web hosting

Tips Memilih Web Hosting yang Tepat Untuk Situs anda

Memilih web hosting sepintas memang mudah, tapi jika anda membeli webhosting tanpa meneliti lebih dalam, tentunya akan dapat berdampak buruk ...