More

    Apa itu OLT ? Serta Fungsinya Dalam Jaringan

    Apa itu olt ? OLT (Optical Line Termination) adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai titik akhir (end-point) dari layanan jaringan optik pasif (Passive Optical Network / PON). OLT memiliki dua fungsi utama, yaitu: 

    • Melakukan konversi antara sinyal listrik dan sinyal optik
    • Berfungsi sebagai perantara antara jaringan internet standar yang digunakan pada perangkat gawai menuju jaringan dalam sistem optikal pasif

    OLT memiliki keterkaitan dengan Fiber to the Home (FTTH). OLT berada di bagian penyedia atau operator, sedangkan perangkat ONT berada di bagian pengguna atau user. 

    Penggunaan serat optik ini memiliki manfaat besar untuk mendapatkan kekuatan sinyal dan kecepatan data yang lebih optimal. Jaringan internet semacam ini memiliki kapasitas bandwidth lebih tinggi dengan kecepatan pada tingkatan Gigabit (gbps). 

    Untuk Anda pahami, sistem internet jaringan fiber optik merupakan layanan internet yang menggunakan koneksi kabel serat optik.  Jadi layanan internet berjalan melalui kabel yang menggunakan serat optik, bukan sepenuhnya mengandalkan sinyal dari satelit. 

    Untuk membuat sebuah jaringan internet jaringan fiber optik, Anda perlu menggunakan sejumlah perangkat. Ini berfungsi memastikan setiap bagian atau channel mendapatkan sinyal internet dengan kekuatan sama baiknya. 

    Di antara perangkat itu adalah OLT dan ONT. Pada kesempatan ini kita akan mencoba membahas apa sebenarnya OLT dan ONT. Kita juga akan membahas soal perbedaan OLT dan ONT. 

    Perbedaan OLT dan ONT

    Perbedaan OLT dan ONT secara fisik bisa Anda temukan dari lokasi kedua perangkat ini berada. Sementara perangkat OLT berada di bagian penyedia atau operator, maka perangkat  ONT justru berada di bagian pengguna atau user

    Ini karena OLT atau Optical Line Termination berperan sebagai kontrol proses multiplexing di area end-point jaringan . Sedang perangkat ONT atau Optical Network Termination adalah modem optik yang menghubungkan ke titik terminasi dengan kabel optik 

    Baca juga : Cara Remote OLT Dari Luar Jaringan

    Dalam penjelasan sederhana, OLT berfungsi menjadi perantara antara jaringan internet standar yang digunakan pada perangkat gawai menuju jaringan dalam sistem optikal pasif.  

    Karena frekuensi dan framing dalam sistem jaringan internet optikal pasif itu berbeda dengan yang biasa Anda temukan dalam perangkat internet biasa.  

    Sementara itu, ONT lebih sebagai perangkat yang bekerja memecah penggunaan kekuatan internet serat optik pada sejumlah perangkat gawai atau pada users.  

    ONT akan menghimpun dan menghantarkan data dari users ke OLT untuk kemudian oleh OLT diubah menjadi data yang bisa dikelola oleh internet optikal pasif.  

    Jadi, perbedaan OLT dan ONT pada dasarnya terletak pada fungsi keduanya, OLT bekerja di hulu dari sistem internet jaringan optik. Sedang ONT bekerja pada hilir dari jaringan tersebut.  

    Demikian penjelasan mengenai apa itu OLT dan fungsinya dalam jaringan internet.

    Untuk materi berikutnya kita akan membahas bagaimana membangun jaringan internet menggunakan OLT atau yang biasa kita sebut dengan FTTH (Fiber To The Home)

    Recent Articles

    apa itu dns

    Apa itu DNS ? Dan Fungsinya

    0
    Apa itu DNS? - DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang bertugas menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. Dengan adanya DNS, domain...
    template voucher

    Template Voucher Untuk Mixradius

    0
    Template Voucher Untuk Mixradius - Pasti kalian bosen kan dengan template voucher default mixradius? tenang. kali ini saya akan memberikan template untuk voucher mixradius kamu agar...
    port game mikrotik

    Daftar Port Game Online Mikrotik Terbaru

    2
    Daftar port game online dibawah ini bisa digunakan untuk membuat rule agar koneksi ke game online tersebut bisa lancar, bisa juga untuk memisahkan antara...
    cara blokir windows update

    Cara Blokir Windows Update di Mikrotik Terbaru

    0
    Cara Blokir Windows Update di Mikrotik - Meskipun fitur windows update ini baik untuk komputer kita, kadang kala ada waktu dimana windows update ini sangat...

    Cara Remote OLT Dari Luar Jaringan

    0
    Cara Remote OLT Dari Luar Jaringan sebenarnya sama dengan tutorial Cara Remote Mikrotik dari Luar Jaringan. Hanya saja, terdapat tambahan konfigurasi yang ada di mikrotik, khususnya...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!