More

    3 Cara Mengubah Word Menjadi File PDF

    Masih bingung Cara Mengubah Word Menjadi File PDF? Tenang saja! ada cara mudah untuk mengubah file word anda menjadi pdf. Cara berikut ini tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun bahkan anda tidak perlu repot-repot melakukan konversi secara online yang mana cara tersebut akan memakan waktu berharga anda.

    Apa itu PDF ?

    PDF adalah salah satu format yang populer dalam keperluan surat-menyurat elektronik. Salah satu kelebihan format ini adalah kemampuannya untuk tampil dengan tampilan yang sama meski diakses dari perangkat yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, PDF juga tidak bisa diedit sembarangan sehingga data yang kita lampirkan pada file PDF tidak akan mudah dimodifikasi orang lain.

    Tidak usah berlama-lama, berikut ini ada 3 cara Mengubah Word Menjadi File PDF

    Cara Mengubah Word Menjadi File PDF dengan Microsoft Office

    Pada versi Micorosoft Office 2010 keatas, anda bisa mengubah file word menjadi pdf tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Jadi, pada versi Microsoft Office 2010 sudah disediakan fitur untuk mengubah word menjadi file PDF.

    • Pertama, buka file yang ingin anda ubah menjadi PDF. dengan ms. office 2010.
    • Pilih menu File – Export
    • Lalu Klik tombol Create PDF/XPS
    • Pada menu SAVE AS TYPE, pastikan kamu sudah memilih opsi PDF (*.pdf) lalu simpan.mengubah word menjadi file pdf
    • Maka file word tadi akan otomatis keconvert menjadi file PDF secara langsung.

    Untuk anda yang menggunakan linux, tentu saja aplikasi microsoft office tidak tersedia untuk platform tersebut. Untuk itu disini saya akan memberikan alternatif lain tentang cara mengubah file word menjadi file PDF disistem operasi linux.

    Mengubah Word Menjadi PDF di Linux

    Meski aplikasi Office bisa diinstall dengan bantuan Wine (atau semacamnya), tentu akan sangat merepotkan jika harus menginstall aplikasi berukuran besar tersebut hanya untuk mengubah Word ke PDF.

    Untungnya, pada Linux ada beberapa aplikasi office yang memiliki fitur yang sama dengan MS Words. Salah satunya adalah Libre Office yang juga punya fitur bawaan untuk mengubah file Word ke PDF. Caranya?

    • Buka file Word melalui LibreOffice
    • Pilih menu EXPORT DIRECTLY TO PDF pada menu bar untuk mengubah format file tersebut ke PDF
    • Beri nama pada file PDF, lalu simpanmengubah word menjadi file pdf

    Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengubah word menjadi pdf adalah dengan menggunakan bantuan converter online.

    Cara mengubah Word ke PDF secara online pun cukup mudah. Cukup buka situs converter Word to PDF, upload file Word, lalu konversi dan download file PDF yang sudah jadi.

    Beberapa aplikasi word to pdf terbaik yang bisa kamu pakai secara online antara lain:

    Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya diawal, bahwa proses converter word ke pdf bisa dilakukan sangat mudah tanpa perlu menginstall aplikasi converter. Opsi lain bisa anda gunakan jika komputer anda tidak mendukung aplikasi microsoft office anda bisa menggunakan converter online.

    Recent Articles

    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...
    membuat app django

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #4: Membuat App Django

    0
    Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal apa itu django dan bagaimana cara membuat project pertama dengan django. Pada bagian ke #4 ini saya akan...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #3: Membuat Project Django

    0
    Pada tutorial django bagian #3 ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat project baru dengan django. Tak hanya itu, kita juga akan belajar bagaimana...
    tutorial django bahasa indonesia

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #2: Installing Requirements

    2
    Masih dalam seri Tutorial Django Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan melajutkan artikel sebelumnya yaitu Tutorial DJango Bahasa Indonesia #1: Pengenalan dan Sejarah Perkembangannya. Seperti web...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!