More

    Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja

    Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja – Untuk anda yang bekerja kantoran mungkin sudah terbiasa dengan aplikasi pengolah angka (excel). Software pengolah angka terbaik buatan Microsoft ini terbukti mampu mempercepat penggunannya saat menghitung beragam angka. Namun, untuk anda yang belum mengenal begitu jauh tentang aplikasi excel khususnya microsoft excel, disini saya akan mencoba memberi gambaran tentang Rumus Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja. 

    yang mana, dengan tulisan berikut ini diharapkan dapat memberi gambaran untuk anda yang akan bekerja nanti.

    Nah, kunci sukses memakai Microsoft Excel adalah dengan memanfaatkan rumus-rumusnya untuk memudahkan perhitungan. Sayangnya, banyak orang nggak tahu apa saja rumus Excel yang bisa digunakan.

    Namun, sebelum masuk ke materi utama tentang Rumus Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja. Ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu tentang apa itu Microsoft Excel. 

    Microsoft Office Excel atau sering hanya disebut dengan Excel merupakan sebuah program spreadsheet atau lembar kerja yang bisa kamu gunakan di PC maupun handphone.

    Sebagai bagian dari keluarga besar dari Microsoft Office, Excel memiliki fitur untuk melakukan kalkulasi dan pembuatan grafik yang lebih mudah.

    Sejarah Microsoft Excel

    Sebelum bernama Excel, software ini pertama kali rilis dengan nama Multiplan pada tahun 1982. Microsoft melakukan itu untuk menyaingi software spreadsheet lainnya, terutama Lotus 1-2-3.

    Karena gagal bersaing, akhirnya Microsoft mengganti namanya menjadi Excel pada tahun 1985 untuk Macintosh-nya Apple. Untuk versi Windows-nya sendiri baru rilis dua tahun kemudian, yakni 1987.

    Semenjak itu, Excel mulai menggusur posisi Lotus 1-2-3 sebagai software spreadsheet paling populer untuk mengolah data-data.

    Fungsi Microsoft Excel

    Pada Microsoft Excel, kita akan berkerja dalam sebuah satu workbook. Di dalam satu workbook, terdapat beberapa worksheet yang bisa kamu gunakan untuk memisahkan data yang berbeda, sehingga kamu tidak perlu membuat workbook yang baru.

    Excel merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk mengolah data secara otomatis, baik data berupa perhitungan dasar (tambah, kurang, bagi, kali) maupun penggunaan fungsi yang lebih kompleks.

    Selain untuk mengolah data, Excel juga bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi karena kemampuannya yang dapat menampung jumlah data yang besar.

    Dengan kemampuannya yang dapat menemukan dengan cepatnya menemukan pola dan proses pada data, Excel cocok untuk digunakan untuk membuat:

    • Membuat laporan keuangan perusahaan, seperti laba dan rugi perusahaan, gaji karyawan, dan lain sebagainya.

    • Membuat daftar presensi untuk suatu acara, walaupun kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word.

    • Membuat daftar nilai untuk guru maupun dosen karena Excel mampu melakukan fitur seperti mencari nilai rata-rata, mencari nilai tengah, mencari nilai maksimum minimum, dan lain-lain.

    • Menghitung data dengan cepat, tidak hanya perhitungan dasar namun juga variasinya.

    • Membuat grafik dan tabel untuk sebuah tabel data. Contohnya, grafik pertumbungan trafficsebuah website, grafik pertumbuhan ekonomi, dan lain sebagainya.

    • Menyajikan data secara tepat, rapi, dan akurat

       

    Maka tak heran jika saat ini kantor-kantor lebih menggunakan microsoft excel dibanding aplikasi lain.

    Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja

    Rumus IF

    Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. Logikanya sama seperti IF pada bahasa pemograman. Dalam satu fungsi, kamu bisa meletakkan beberapa IF tergantung kebutuhan.

    • Rumus IF
      IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
      • Contoh IF
        =IF(2;3,"Benar","Salah"); "Benar" =IF(2;3,"Benar","Salah"); "Salah"
        
        
    • Rumus SUM
      Sum(number1,[number2],..]
      • Contoh rumus SUM
        =sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(A1:A25)
    • Rumus Count
      count(value1,[value2],..]
      • contoh rumus count
        =count(a1:a10)
    • Rumus CountIF
      countif(range,criteria)
      • Contoh Rumus CountIF
        =countif(a1:a10,"A")
    • Rumus VLOOKUP
      vlokup(lookup_value,lookup_array,[match_type])
      • Contoh rumus VLOOKUP
        =vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)
    • Rumus HLOOKUP
      =HLOOKUP(lookup_value,lookup_array,[match_type])
      • Contoh rumus HLOOKUP
        =HLOOKUP("Jojon",A1:C11,3,0)
    • Rumus Round
      round(number,num_digit)
      • Contoh Rumus Round
        =round(12:3456789,2)

         

    Itulah Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja. Sebenarnya masih banyak lagi kumpulan rumus excel yang sering digunakan baik didunia kerja, kuliah dsb. Namun, hanya itu saja yang saat ini saya gunakan untuk mengelola data di excel. Jika anda bingung dengan rumus-rumus diatas silahkan baca artikel berikut ini. Kumpulan Rumus Excel Lengkap dengan Penjelasan.

    Demikian artikel tentang Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja.

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!