Mengenal 12 Fungsi IS Pada Excel

0
379

Fungsi IS Pada Excel – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas berbagai macam  Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja. Dan pada artikel ini saya akan membahas tentang fungsi IS yang terdapat pada excel. Di dalam kelompok fungsi informasi (Information) terdapat dua belas (12) fungsi excel yang diawali dengan IS. Fungsi tersebut adalah ISBLANK, ISFORMULA, ISREF, ISLOGICAL, ISNA, ISERR, ISERROR, ISTEXT, ISNONTEXT, ISNUMBER, ISEVEN, dan terakhir ISODD.

Masing-masing fungsi IS Excel ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap sebuah nilai berdasarkan kriteria tertentu sesuai kekhususan masing-masing Fungsi IS dan menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. lebih detailnya sebagai berikut:

1FUNGSI ISBLANK

Fungsi ISBLANK berfungsi untuk memeriksa apakah sebuah rujukan sel berupa sel kosong atau tidak. Fungsi ini akan menghasilkan nilai TRUE jika sel yang kita rujuk berupa sel kosong.

Cara menggunakan fungsi ISBLANK adalah sebagai berikut :
ISBLANK (VALUE)

Pada contoh diatas fungsi ISBLANK memeriksa sel B2 dan B3. Karena B2 berupa sel kosng maka hasil fungsi ISBLANK adalah TRUE dan FALSE untuk sel B3 karena sel B3 bukanlah sel kosong.

2FUNGSI ISFORMULA

Fungsi ISFORMULA adalah memeriksa sebuah sel berisi rumus excel atau formula apa bukan. Jika sel yang direferensikan berupa Formula atau rumus Excel maka akan menghasilkan nilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika bukan formula Excel.

Cara menggunakan fungsi ISFORMULA adalah sebagai berikut:
ISFORMULA(reference)

Pada contoh diatas ISFORMULA memeriksa sel B3 (=2+2) dan menghasilkan nilai TRUE sebab =2+2 merupakan sebuah formula atau rumus excel. Pada contoh sebelahnya fungsi ini memeriksa sel B5 yang berisi teks A2 dan hasilnya adalah FALSE sebab teks A2 bukan merupakan sebuah formula atau rumus excel.

3Fungsi ISREF

Fungsi ISREF digunakan untuk mengecek apakah sebuah nilai yang diberikan berupa bentuk referensi yang valid atau tidak. Fungsi ISREF menghasilkan nilai TRUE jika nilai yang direferensikan berupa referensi yang valid dan FALSE jika sebaliknya.
Cara menggunakan fungsi ISREF:
ISREF (Value)
Teks A2 merupakan sebuah refernsi sedangkan A2B2 bukan merupakan referensi, amkanya untuk kasus pertama fungsi ISREF menghasilkan nilai TRUE dan untuk kasus kedua menghasilkan nilai FALSE.

4FUNGSI ISLOGICAL

Fungsi ISLOGICAL akan memeriksa sebuah nilai yang diberikan berupa nilai logika (TRUE/FALSE) apa bukan. Nilai logika adalah nilai benar dan salah atau TRUE dan FALSE. Jika berupa nilai logika akan menghasilkan nilai TRUE dan sebaliknya jika nilai yang diberikan bukan merupakan nilai logika maka fungsi IS LOGICAL akan menghasilkan nilai FALSE.

Cara menggunakan fungsi ISLOGICAL di excel adalah sebagai berikut:
ISLOGICAL(Value)
Dalam contoh hasil dari formula =AND(1>0;2>1) adalah FALSE. Hasil ini merupakan nilai logika. Sedangkan =2+2 yang menghasilkan nilai 4 bukan merupakan nilai logika.

5FUNGSI ISNA

Fungsi atau rumus ISNA akan menghasilkan nilai TRUE jika nilai yang direferensikan menghasilkan pesan error #N/A (value not available) dan sebaliknya jika nilai yang direferensikan tidak menghasilkan pesan error #NA maka akan menghasilkan nilai FALSE.

Cara menggunakan Fungsi ISNA pada excel adalah sebagai berikut:
ISNA (Value)

Dalam contoh rumus excel FORMULATEXT(B2) menghasilkan nilai #NA. Maka ketika kita periksa dengan fungsi ISNA akan menghasilkan nilai TRUE.

6FUNGSI ISERROR

Fungsi ISERROR akan menghasilkan nilai TRUE jika nilai yang kita referensikan berupa nilai pesan error. Jika tidak berupa pesan error maka akan menghasilkan nilai FALSE. Pesan error yang dimakasud disini adalah 7 pesan error pada microsoft excel yang sudah saya bahas pada artikel belajar excel sebelumnya.

Cara menggunakan fungsi ISERROR pada office excel adalah seperti berikut ini:
ISERROR(Value)

Untuk contohnya saya kira sudah cukup jelas sebagaimana dalam picture diatas.

7FUNGSI ISERR

Sama seperti fungsi ISERROR, fungsi ISERR juga memeriksa apakah ada pesan error pada nilai yang direferesikan. Perbedaannya adalah pada nilai error yang di cek. Jika fungsi ISERROR memeriksa 7 nilai pesan error maka fungsi ISERR hanya membandingkan dengan 6 pesan error. nilai yang pesan error yang tidak ikut di bandingkan dengan fungsi ISERR adalah pesan error #NA.

Cara menggunakan fungsi ISERR dalam rumus excel adalah sebagai berikut:
ISERR(Value)
Pada contoh ketujuh meskipun nilai sel B6 berupa pesan error #NA. fungsi ISERR menghasilkan nilai FALSE karena fungsi ISERR tidak menganggap #NA sebagai pesan error.

8FUNGSI ISNONTEXT

Fungsi ISNONTEXT merupakan kebalikan dari fungsi ISTEXT.. Jika nilai yang diberikan bukan teks maka akan menghasilkan nilai TRUE dan sebaliknya.

Cara menggunakan fungsi ISNONTEXT adalah sebagai berikut:
ISNONTEXT(Value)

Sebagai catatan bahwa fungsi ISNONTEXT akan menganggap sebuah sel kosong sebagai non teks sehingga akan menghasilkan nilai TRUE.

“12” pada contoh ke sembilan meskipun merupakan teks karena dalam rumus angka 12 diapit tanda petik ganda, fungsi ISNONTEXT mengangap ini bukan teks (teks dikonversi ke number oleh fungsi ISNONTEKS).

9FUNGSI ISNUMBER

Fungsi ISNUMBER akan memebrikan nilai TRUE jika nilai yang direferensikan berupa angka atau number. dan FALSE jika sebaliknya (Bukan berupa number).

Cara menggunakan Fungsi ISNUMBER pada excel adalah seperti ini:
ISNUMBER(Value)

10FUNGSI ISSEVEN

Fungsi ISEVEN memeriksa sebuah nilai yang diberikan berupa angka genap atau ganjil. Jika genap maka akan menghasilkan nilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika berupa angka ganjil.

Cara menggunakan Fungsi ISEVEN pad aexcel adalah:

ISEVEN(Number)
Argument fungsi ISEVENT adalah berupa number atau angka. Jika nilai yang dimasukkan bukan angka maka fungsi ISEVEN akan menghasilkan pesan error #VALUE!.

11FUNGSI ISODD

Fungsi ISODD merupakan kebalikan dari Fingsi ISEVEN. Jika nilai yang diberikan berupa angka ganjil maka akan menghasilkan nilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika nilai angka yang dimasukkan berupa angka genap.

Cara menggunakan Fungsi ISODD di excel adalah:
ISODD(Number)
Sama seperti Fungsi ISEVEN jika argument yang dimasukkan bukan berupa angka. Fungsi ini akan menghasilkan nilai pesan error #VALUE!.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.