More

    Tutorial Install Codeigniter Untuk Pemula

    Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang tutorial install codeigniter untuk pemula, yang mana tutorial ini di khususkan bagi anda yang ingin belajar salah satu framework php yang cukup populer ini yaitu codeigniter. Codeigniter merupakan aplikasi open source PHP yang berupa framework PHP dengan struktur MVC (Model,View,Controller) yang digunakan untuk membangun website dinamis. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 3.0.4.

    Adapun beberapa kelebihan codeigniter dibandingkan dengan framework lain, diantaranya:

    • Gratis,  Codeigniter dilisensikan dibawah lisensi Apache/BSD style open source. Itu artinya Codeigniter dapat dipakai secara bebas.
    • Support PHP4 dan PHP5, meskipun saat ini PHP sudah mencapai versi 4 bahkan 6, namun banyak pula developer yang masih menggunakan PHP4. Oleh sebab itu, pengembang Framework Codeigniter memperhatikan betul setiap pengguna, oleh karenanya Framework Codeigniter dikembangkan agar mampu berjalan baik PHP4 Maupun PHP5.
    • Ukuran file kecil dan cepat, dibandingkan dengan framework cake PHP, codeigniter mempunyai akses yang lebih cepat. Karena, Codeigniter hanya me-load fungsi atau library yang digunakan saja, berbeda dengan Framework lainnya yang menggunakan seluruh library walaupun library tersebut tidak digunakan.
    • Dokumentasi,  Mempunyai dDokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami.
    • Memakai Konsep MVC,  codeigniter dibangun menggunakan Codeigniter memakai konsep MVC (Model View Controller), konsep modern yang banyak dipakai oleh framework PHP lainnya. meskipun pada kenyataannya codeigniter tidak mencerminkan MVC yang sesungguhnya, misalnya penulisan echo masih dapat dilakukan pada file controller.

    Requirements Install Codeigniter:

    Ada beberapa aplikasi yang dibutuhkan sebelum melakukan installasi codeiginiter.

    • Web Server (apache,nginx dsb)
    • Database (MySQL, postgresql,Maria DB)
    • PHP

    Namun jika anda menggunakan XAMPP, anda tidak perlu melakukan installasi satu-persatu aplikasi diatas, karena dalam paket XAMPP sudah include (Apache,MySQL,PHP).

    Tutorial Install Codeigniter:

    • Download Package codeigniter pada situ resminya. Download Codeigniter
    • Saat ini versi stabil dari codeigniter adalah 3.1.1.
    • Setelah di download ektrak file codeigniter pada direktori C:\xampp\htdocs 

     

    tutorial install codeigniter

    • lalu ubah folder Codeigniter menjadi sesuai keinginan kita. disini saya akan ubah folder codeigniter tersebut menjadi contoh_tutorialpedia

    tutorial install codeigniter

    • Setelah itu, sekarang kita coba akses folder tersebut melalui browser.
    • jangan lupa untuk menyalakan XAMPP terlebih dahulu.
    • lalu akses dengan url http://localhost/nama_folder_project pada tutorial kali ini saya beri nama dengan contoh_tutorialpedia
    • tutorial install codeigniterJika sudah tampil halaman Welcome Codeigniter, itu artinya anda telah berhasil melakukan instalasi codeigniter.

    Penjelasan Tentang Struktur Folder Codeigniter

    Didalam folder codeigniter terdapat 3 folder utama yaitu Application,System,User Guide. Folder application berguna sebagai tempat untuk mendevelop aplikasi kita nanti, Folder system  berisi library atau kumpulan fungsi-fungsi dasar CI, sedangkan User Guide berisi sebagai buku panduan atau dokumentasi dari codeigniter.

    tutorial install codeigniter

    Lalu kita fokus pada folder application/config dan semua berawal dari file routes.php. Apabila kita buka file tersebut, maka kita akan menemukan default_controller yang telah terisi dengan nama “welcome”, yang mana default_controller ini berfungsi ketika user tidak melakukan atau memasukkan apapun pada URL browser, maka secara otomatis mencari controller dengan nama “welcome”. (lihat gambar)

    codeigniter

    Controller Welcome itu sendiri bisa anda temukan pada folder application/controllers. Pada file welcome_controller tersebut terdapat fungsi index yang gunanya meload bagian view atau memanggil halaman views dengan nama welcome_messages sebagai berikut.install codeigniter

    Sekarang kita lihat pada bagian views yang terletak pada application/views. Pada folder view tersebut terdapat file dengan nama welcome_message. Pada bagian inilah semua html dan css akan diletakkan yang nantinya akan di tampilkan ke pengunjung.

    Cukup sekian penjelasan dari saya tentang Tutorial Install Codeigniter Untuk Pemula. Kita akan kembali pada tutorial berikutnya di TutorialPedia.NET.

     

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...
    membuat app django

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #4: Membuat App Django

    0
    Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal apa itu django dan bagaimana cara membuat project pertama dengan django. Pada bagian ke #4 ini saya akan...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #3: Membuat Project Django

    0
    Pada tutorial django bagian #3 ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat project baru dengan django. Tak hanya itu, kita juga akan belajar bagaimana...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!