Home » Java » Membuat CRUD dengan Java Web : Menampilkan Data dari Database
Membuat CRUD dengan Java Web

Membuat CRUD dengan Java Web : Menampilkan Data dari Database

Membuat CRUD dengan Java Web : Menampilkan Data dari Database – Pada artikel sebelumnya kita sudah menyiapkan tool-tool apa saja yang akan digunakan untuk membuat crud dengan java web ini. Jika anda terlewat pada artikel sebelumnya, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu artikel Membuat CRUD dengan Java Web : Persiapan Awal. Karena ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu untuk melangkah pada tutorial membuat crud dengan java web menampilkan data dari database. Seperti menyiapkan library dan juga package. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya kita akan Membuat CRUD dengan Java Web menggunakan pattern MVC.

Cara Menampilkan Data dari Database

Langkah pertama yang harus disiapkan untuk membuat crud dengan java web adalah menampilkan data dari database, tapi sebelumnya kita membuat database terlebih dahulu dengan nama latihan_crud dan table dengan nama tb_user, lalu mengisi beberapa record yang nantinya akan di tampilkan dari database melalui browser. Anda bisa dumping sql berikut ini:

 

Membuat Class Koneksi

Untuk membuat koneksi ke database kita membuat class koneksi terlebih dahulu pada package model.

Klik kanan pada package net.tutorialpedia.model yang sebelumnya telah kita buat pada artikel Membuat CRUD dengan Java Web : Persiapan Awal, lalu pilih New > Java Class dan beri nama dengan Koneksi. Lihat gambar dibawah ini
membuat crud dengan java web

Lalu isi dengan kode berikut ini.

Koneksi.java

Penjelasan:

String db digunakan untuk mendeklarasikan nama database yang anda gunakan, pada tutorial ini saya menggunakan database dengan nama latihan_crud.

Sedangkan string user dan pass digunakan untuk mendeklar user dan password database MySQL anda. Jika MySQL anda tidak diberi password maka cukup kosongkan saja.

 

Membuat Class UserModel

Pada class user model ini digunakan untuk menyimpan semua query mysql yang didalamnya terdapat insert,update dan delete. yang mana ketiga query ini sangat di perlukan dalam membuat crud dengan java web

Klik kanan pada package net.tutorialpedia.model lalu klik New > Java Class. Isi nama dengan UserModel

Lalu buat setter dan getter berdasarkan field yang telah dibuat pada table tb_user. Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui gambar bergerak berikut ini:

membuat crud dengan java web

lalu tambahkan constructor di bawah String.

membuat crud dengan java web

lalu tambahkan kode untuk menampilkan data dari database sebelum tanda kurung kurawal terakhir.

Sehingga hasil kode pada UserModel.java akan menjadi seperti dibawah ini.

Pada Class UserModel.java cukup sampai disini saja karena yang kita perlukan saat ini hanya koding tampilnya saja.

Sekarang kita beralih ke view (JSP) yang akan kita lakukan adalah menampilkan data pada web browser melalui halaman JSP (Java Server Pages).

Buka halaman index.jsp anda pada Web Pages. Lalu isi denga kode berikut ini:

Penjelasan

Merupakan fungsi pengulangan pada java yang terbungkus pada tag scriptlet  <%%>.  Jika terjadi error itu di karenakan anda belum mengimport package yang diperlukan anda bisa memperbaikinya dengan cara berikut ini.

membuat crud dengan java web

lalu Save ALL

Jika sudah anda bisa melakukan testing dengan cara me run project, dengan cara klik kanan pada folder project anda lalu klik RUN.

ketika keterangan pada output sudah sukses, anda bisa menjalankannya pada browser dengan memasukkan alamat http://localhost:8084/latihan_crud pada browser.

Apabila tidak ada error maka akan tampil data yang sudah kita input tadi pada database seperti berikut ini:

membuat crud dengan java web

Sampai disini kita telah berhasil membuat crud dengan java web menampilkan data dari database. Untuk tutorial kali ini kita belum bermain dengan controller karena kita belum membutuhkan request apapun. Pada tutorial membuat crud dengan java web selanjutnya kita akan belajar bagaimana menyimpan data ke database.

Sekian artikel Membuat CRUD dengan Java Web pada sub Menampilkan data dari database.

Sampai bertemu pada artikel berikutnya.

Baca :

1. Membuat CRUD dengan Java Web : Persiapan Awal

2. Membuat CRUD dengan Java Web : Menampilkan Data dari Database

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

penggunaan ajax

Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP

Asynchronous JavaScript and XMLHTTP atau biasa disebut dengan AJAX adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah ...