Home » Java » Membuat CRUD dengan Java Web : Persiapan Awal
Membuat CRUD dengan Java Web

Membuat CRUD dengan Java Web : Persiapan Awal

Membuat CRUD dengan Java Web – CRUD merupakan tahapan awal yang harus anda pelajari ketika ingin belajar bahasa pemrograman tertentu, karena dengan CRUD ini kita bisa membangun berbagai aplikasi seperti aplikasi peminjaman buku, aplikasi toko online dsb.  Bagi anda yang ingin belajar tentang bahasa pemrograman java khususnya jawa web application kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana tentang Membuat CRUD dengan Java Web. Tapi, sebelum kita masuk pada implementasi CRUD ada beberapa persiapan yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu berupa tool-tool pendukung yang nantinya akan digunakan untuk mendevelop aplikasi anda.

Pada tutorial membuat CRUD dengan java web ini kita akan menggunakan pattern MVC.

Tool yang dibutuhkan untuk Membuat CRUD dengan Java Web:

  • Tool Editor (netbeans)

Ini berfungsi sebagai text editor yang nantinya digunakan untuk menulis kode-kode java. pada tutorial ini dan kedepannya saya menggunakan IDE NetBeans karena lebih mudah penggunaannya dari pada IDE Eclipse. Anda bisa mengunduhnya disini pastikan anda mengunduhnya versi ALL agar package yang ada didalamnya lebih lengkap.

  • Application Server (Apache Tomcat)

Application server berfungsi untuk mendeploy aplikasi java anda, di dalam application server sudah include web server yang berfungsi untuk menampilkan laman web anda pada browser. Application server java ada beberapa yang bisa anda gunakan salah satunya GlassFish dan juga Oracle Weblogic Server. Tapi untuk kali ini saya menggunakan Apache Tomcat(TomEE). GlassFish dan juga Apache Tomcat biasanya akan otomatis tersedia dalam package netbeans.

  • Database (MySQL)

Jika anda sudah terbiasa dalam dunia programming tentu sudah tidak asing lagi dengan database MySQL. Untuk menginstall MySQL anda cukup menginstall XAMPP saja agar lebih mudah.

Sepertinya cukup itu saja tool yang di butuhkan untuk membuat crud dengan java web.

Hal berikutnya yang harus disiapkan adalah menyiapkan project pada IDE NetBeans. Bagi yang sudah terbiasa dengan IDE NetBeans anda bisa melewati langkah ini. Tapi bagi anda yang masih pemula dan ingin belajar java khususnya di web anda bisa membaca tutorial berikut ini:

Langkah-langkah membuat project dengan IDE NetBeans

  • Bukan IDE NetBeans anda lalu klik File->New Project
  • Pada bagian Categories pilih Java Web pada projects pilih Web Application Lalu klik Next.

membuat crud dengan java web

  •  Project Name isi dengan nama aplikasi anda, Project Location isi dengan lokasi direktori yang digunakan untuk menyimpan folder project anda. Lihat gambar

membuat crud dengan java web

  • Pada bagian Server Setting sesuaikan dengan gambar dibawah ini.

membuat crud dengan java web

  • Karena kita tidak menggunakan frameworks anda bisa langsung klik Finish

Sampai disini kita sudah berhasil membuat project pada IDE NetBeans. Langkah berikutnya adalah kita akan menyiapkan Library dan Package yang di butuhkan untuk membuat CRUD dengan java Web.

Menyiapkan Library dan Package:

Library MySQL

Library MySQL sangat di perlukan apabila anda membuat aplikasi dinamis menggunakan java web. Oleh karena itu, kita membutuhkan library mysql agar nanti aplikasi kita bisa berkomunikasi dengan engine database MySQL. Pada saat membuat project baru pada IDE NetBeans, library tidak otomatis tersedia pada project anda. Kita perlu meng-importnya secara manual.

  • Klik kanan pada folder Libraries di project anda lalu klik Add Library.
  • Cari Library MySQL JDBC Driver. lalu klik Add Library

membuat crud dengan java

 

Package

Package adalah sebuah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Alasan menggunakan package pada java ialah untuk menghindari tabrakan nama kelas yang akan dibuat dengan nama kelas yang sudah ada. Selain itu, salah satu yang menjadi keuntungan menggunakan package adalah untuk mudahnya developer dalam hal mencari dan me-manage akses yang diberikan. Pada tutorial ini kita akan membuat 2 buah package diantaranya yaitu package model dan controller.

  • Klik kanan pada Source Package klik New->Java Package
  • Lalu isi Package Name dengan nama sesuai keinginan anda. Gunakan nama package seunik mungkin agar tidak terjadi bentrok dengan package bawaan yang ada pada java. Untuk tutorial ini saya membuat package dengan nama net.tutorialpedia.model. Lihat gambar

membuat crud dengan java

  • Ulangi langkah diatas hingga hasil akhirnya menjadi seperti berikut ini.

membuat crud dengan java

 

Kedua Package tersebut mempunyai perannya masing. Package model berfungsi untuk menampung segala perintah yang berhubungan dengan database. Sedangkan Package Controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi. Dan juga Controller juga berfungsi sebagai penghubung antara model dan view (JSP).

Cukup sekian tahap persiapan membuat CRUD dengan Java Web. Pada tutorial berikut nya kita akan masuk dalam pembuatan aplikasi CRUD dengan java Web Application.

Silahkan patengin terus situs TutorialPedia.NET dengan cara subscribe via email atau like facebook kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

login multi level

Login Multi Level Dengan Servlet dan JSP

Pada tutorial ini saya akan membahas tutorial tentang Cara membuat login multi level dengan servlet dan JSP. Memang apasih login ...