Home » Java » Membuat Shopping Cart dengan Java Servlet dan JSP
membuat shopping cart

Membuat Shopping Cart dengan Java Servlet dan JSP

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang membuat shopping cart dengan java servlet, hal ini diperlukan untuk anda yang ingin membuat toko online dengan java web.

Mungkin anda pernah mengunjungi sebuah situs toko online seperti tokopedia, lazada dan bukalapak. Dimana, mereka menggunakan sistem keranjang (cart) untuk setiap pemesanan yang dilakukan oleh pengunjung/pembeli.

Sistem shopping cart ini memang paling banyak di gunakan tidak hanya toko online diindonesia tetapi juga banyak digunakan situs-situs luar lainnya seperti amazon, ebay dsb.

Langsung saja ke tutorial cara membuat shopping cart dengan servlets dan JSP.

Membuat Shopping Cart dengan Java Servlet dan JSP

Prerequisite :

  • Download library JSTL disini.
  • Download library standard disini.
  • Buat database dengan nama Latihan_addcart, lalu import dengan database berikut disini

Setelah di download semua, sekarang buat project baru di IDE anda, kali ini saya menggunakan netbeans sebagai editor.

    1. Buat project di netbeans, klik File – New Project buat nama dengan latihan_addCartDinamic 
    2. Lalu ekstrak library yang sudah didownload tadi dan jadikan satu dalam sebuah folder libmembuat shopping cart
    3. Lalu sekarang import keduanya dengan cara klik kanan pada Libraries lalu klik Add Jar/Folder lalu masukkan kedua library tersebut.
    4. buat 2 buat Source Packages baru dengan nama net.tutorialpedia.cart , net.tutorialpedia.Model , net.tutorialpedia.Controller. Lihat gambar!membuat shopping cart
    5. Pada package net.tutorialpedia.model buat sebuah java class baru dengan nama KoneksiDB. Lalu isi dengan code berikut ini :
      kode diatas digunakan untuk membuat koneksi antar program dan database
    6. Lalu buat java class baru pada  net.tutorialpedia.Model dengan nama ProdukModel lalu isi kode dengan berikut :
       
    7. Sekarang kita beralih ke package Controller, buat sebuah servlet baru dengan nama CartController lalu isi kodenya dengan berikut ini :
       
    8. Sekarang beralih ke package net.tutorialpedia.cart lalu buat sebuah java class baru dengan nama CartBean, isi dengan kode berikut ini:
       
    9. Tambahkan java class baru di package yang sama dengan CartBean.java buatlah dengan nama CartItemBean.java lalu isi dengan kode berikut:
       
    10. Sekarang kita sudah selesai dengan Model dan juga Controllernya langkah berikutnya adalah kita akan membuat view nya pada halaman JSP (Java Server Pages). Apa itu jsp? Baca: Pengertian JSP (Java Server Pages)
    11. untuk view cukup dengan 2 buah halaman jsp ini saja yaitu index.jsp dan Cart.jsp dimana index.jsp berfungsi untuk menampilkan daftar barang, dan Cart.jsp untuk menampilkan barang apa saja yang sudah ditambahkan/dibeli. Klik index.jsp lalu masukkan kode berikut ini :
       
    12. Untuk Cart.jsp tambahkan kode berikut:
       

Sekarang coba run project anda dengan cara klik kanan pada project Latihan_addCartDinamic – klik run.

Jika terdapat error seperti pada gambar berikut, itu dikarenakan kita belum mengimport library MySQL.membuat shopping cart

Cara import library MySQ

klik kanan pada libraries lalu klik Add Library cara libray MySQL JDBC Driver lalu klik Add Library membuat shopping cart

Sekarang coba klik run.

Error tersebut sudah tidak muncul lagi, dan berikut ini adalah tampilan halaman depan.membuat shopping cart

ketika kita mencoba memilih produk yang diinginkan lalu memasukkan jumlah quantity yang diinginkan, maka dia akan tersimpan sementara pada halaman Cart.jsp

membuat shopping cart

Membuat shopping cart seperti ini hampir sama dengan shopping cart pada umumnya, hanya saja ini versi paling simple yang bisa anda pelajari.

Demikian Membuat Shopping Cart dengan Java Servlet dan JSP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Membuat web sederhana dengan java

Tutorial Lengkap Cara Membuat web sederhana dengan java

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan sedikit Tutorial Lengkap Cara Membuat web sederhana dengan java(J2EE). Yang mana pada tutorial ...