Home » Java » Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP
penggunaan ajax

Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP

Asynchronous JavaScript and XMLHTTP atau biasa disebut dengan AJAX adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. sumber (wikipedia)

Lalu bagaimana cara penggunaan AJAX pada bahasa pemrograman Java web?

Baca :

Kali ini saya akan membuat tutorial sederhana cara penggunaan AJAX JQuery pada java web application servlet dan JSP. Tutorial ini diperuntukkan bagi anda yang sedang belajar bahasa pemrograman java web application.

Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP.

1. Buat project baru pada IDE NetBeans anda.

2. Lalu buat package baru dengan nama “ajaxdemo”

3. Buat file servlets pada package “ajaxdemo” dengan nama “AjaxServlet”

Berikut ini ini adalah isi kode dari masing-masing file.

index.jsp

AjaxServlet.java

Penjelasan Kode

Kode JQuery berikut yang terletak pada section head berfungsi untuk mengirimkan data ke AjaxServlet ketika button submit di tekan.

Lalu sekarang coba running project yang anda buat tadi. Berikut ini adalah screenshot dari Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP.

Ketika user memasukkan nama, maka secara otomatis browser akan menampilkan nama yang user inputkan tanpa merefresh halaman terlebih dahulu.

penggunaan ajax

Untuk melihat apakah project yang kita buat tadi error atau tidak, anda bisa menggunakan addon firebug untuk melihat log error pada request ataupun response ajax. Karena apabila terjadi kesalahan pada saat menggunakan ajax error tersebut tidak akan muncul pada web browser, untuk kita perlu menggunakan addon firebug untuk melihat kesalahan dalam penulisan kode. Berikut ini apabila terjadi kesalahan pada kode yang kita tulis.

Demo  |  Github

File yang berada dalam repository github merupakan project netbeans. Anda bisa mendownloadnya dengan cara Klik Clone or Download lalu pilih Download ZIP.

Demikian tutorial Contoh Penggunaan AJAX JQuery Pada Servlet dan JSP.

Jika anda mengalami kendala error, anda bisa konsultasikan kepada author melalui fanpage TutorialPedia.NET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

halaman redirect otomatis

Tutorial Membuat Halaman Redirect Otomatis Dengan JSP

Membuat Halaman Redirect otomatis digunakan ketika ada sebuah halaman pindah ke lokasi yang baru, Tentu saja kita perlu melakukan redirect halaman ...