More

    Apa itu Mikrotik dan Fungsinya

    Apa itu mikrotik? – Untuk beberapa orang yang biasa berkecimpung di dunia jaringan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Mikrotik. Alat tersebut biasa ada pada sebuah kantor, hotel maupun rumah sakit dan restauran yang tersedia koneksi internet

    Lalu, sebenarnya apa itu mikrotik? Yuk, simak pembahasan selengkapnya mengenai pengertian, jenis, dan cara mengatur mikrotik dengan tepat berikut ini.

    Apa itu mikrotik?

    apa itu mikrotik

    Bersumber dari website resmi MikroTik, mikrotik sendiri sebenarnya merupakan sebuah nama perusahaan Latvia yang berdiri pada tahun 1996 yang mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel dan sekarang MikroTik dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara.

    Di luar sana, terkadang orang masih tidak memahami perbedaan antara mikrotik dan router. Perbedaan antara router dan mikrotik yaitu, router merupakan perangkat keras untuk menjembatani antara dua jaringan, sedangkan mikrotik adalah sistem operasi yang termasuk dalam open source system. Lalu siapa saja yang menggunakan mikrotik ini? Mikrotik ini banyak dimanfaatkan oleh provider hotspot, ISP atau Internet Service Provider, warung internet atau warnet, dan perkantoran.

    Sedangkan fitur yang disediakan oleh mikrotik antara lain hotspot for plug-and-play access, static routing, bandwidth, stateful firewall, Internet Protocol Security (IPsec), web proxy, monitoring, UpnP, SNMP, MNDPA, dan masih banyak fitur lainnya.

    Baca juga : Cara Install Mikrotik CHR (Cloud Host Router) pada Centos 8

    Fungsi Mikrotik

    Setelah memahami pengertian mikrotik dan penggunaannya secara umum, selanjutnya kamu perlu mengetahui juga apa saja fungsi dari mikrotik ini. Mungkin dari penjelasan di atas, kamu sudah sedikit mengetahui fungsi mikrotik. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari mikrotik:

    1. Memberikan sistem otentikasi dan konfigurasi jaringan lokal
      Mikrotik memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan. Sehingga untuk bisa mendapatkan akses ke jaringan, pengguna diharuskan memasukkan username dan password pada login page yang telah disediakan.
    2. Konfigurasi jaringan lokal
      Mikrotik dapat mengatur dan melakukan konfigurasi terhadap LAN atau Local Area Network.
    3. Pengelolaan sistem jaringan komputer
      Konfigurasi jaringan internet pada mikrotik dapat dilakukan secara terpusat, oleh karena itu admin jaringan jadi lebih mudah untuk mengelolanya.
    4. Berperan sebagai hotspot
      Mikrotik dapat melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer serta memisahkan bandwidth traffic data internasional dan lokal.
    5. Internet gateway pada jaringan lokal
      Mikrotik dapat menghubungkan beberapa jaringan lokal (LAN) dengan internet, mengatur arus lalu lintas data yang masuk maupun keluar dengan routernya, dan sebagai pengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh klien.
    6. Pembuatan PPpoE server
      Mikrotik berguna dalam pembuatan PPPoE (Point-to-Point Protocol over Ethernet) server yang berfungsi dalam enkapsulasi Point-to Point Protocol frame yang ada dalam frame Ethernet.
    7. Penghubung antar jaringan
      Melalui routing, mikrotik dapat menghubungkan beberapa jaringan serta menentukan jalur terbaik dan tercepat untuk sampai pada alamat perangkat komputer yang dituju.
    8. Sebagai acces point
      Mikrotik dilengkapi dengan fitur yang mendukung antarmuka berbasis wireless dan berfungsi sebagai Access Point pada jaringan WIFI (Wireless Fidelity).

    Setelah membahas pengertian dan fungsi mikrotik, kini masuk pada pembahasan jenis-jenis mikrotik untuk jaringan komputer. Mikrotik ini tidak hanya tersedia dalam satu macam saja. Mikrotik ini memiliki dua jenis utama, diantaranya yaitu:

    1. Mikrotik RouterOS

    Mikrotik RouterOS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX dan mampu menjadikan komputer biasa atau PC jadi memiliki fitur seperti bridge, hotspot, router, firewall, proxy server dan sebagainya. Sehingga banyak orang memanfaatkannya untuk membangun router mereka. Secara ringkas, kelebihan dari mikrotik RouterOS adalah sebagai berikut:

    1. Mampu menjadikan komputer biasa atau PC sebagai router yang handal dan berkualitas.
    2. Sangat ringan untuk digunakan karena berbasis Linux.
    3. Dapat diinstall sebagai sistem operasi.
    4. Biasanya diinstall pada power PC.

    2. RouterBoard

    Berbeda dengan Mikrotik RouterOS yang merupakan suatu sistem operasi perangkat lunak, RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan yang di dalamnya diinstal sistem operasi mikrotik RouterOS yang fungsinya sebagai bandwidth management, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy server, dan router jaringan.

    RouterBoard ini berukuran sangat kecil dan praktis dan  terdiri atas processor, RAM, ROM dan memory flash. Dengan menggunakan ini, bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada PC karena fungsi router sudah tertanam di dalamnya. Kelebihan dari RouterBoard antara lain:

    1. Hemat biaya karena daya yang dibutuhkan sekitar 2.5 watt saja.
    2. Instalasinya yang mudah, hanya mengatur router dan jaringan yang digunakan.
    3. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

    Itulah informasi mengenai pengertian hingga cara pengaturan mikrotik yang bisa menambah pengetahuan kamu, khususnya untuk kamu yang sedang berencana atau punya keinginan untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    apa itu mirkotik

    Apa itu Mikrotik dan Fungsinya

    0
    Apa itu mikrotik? - Untuk beberapa orang yang biasa berkecimpung di dunia jaringan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Mikrotik. Alat tersebut biasa ada...
    aplikasi belajar online

    Moodle, Aplikasi Belajar Online Gratis

    0
    Aplikasi Belajar Online - Saat ini membuat aplikasi pembelajaran online sangatlah mudah. Banyak sekali platform yang bisa anda gunakan untuk pembelajaran online, salah satunya...
    cara install mikrotik CHR

    Cara Install Mikrotik CHR (Cloud Host Router) pada Centos 8

    0
    Cara Install Mikrotik CHR - Mikrotik seringkali diperlukan ketika mengelola sebuah network secara fisik atau virtual. Saat ini, Mikrotik tersedia dalam versi cloud yang bernama Mikrotik CHR. Sistem operasi...
    upgrade windows 11

    Cara Upgrade Windows 11 Gratis!

    0
    Pada tanggal 5 Oktober 2021, microsoft telah resmi meluncurkan generasi windowsnya yaitu windows 11. Dengan serangkaian fitur baru, Windows 11 diklaim akan menyajikan pengalaman menggunakan...
    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!