6 Plugin Cache Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Plugin Cache Terbaik – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang 6 Plugin Cache Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website. Dengan menggunakan plugin cache pada sebuah website dapat meningkatkan kecepata loading website secara drastis. Baca: Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger dan WordPress (Lengkap)

Selain itu, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita menggunakan cache pada sebuah website. Selain dapat meningkatkan kecepatan loading website, menggunakan plugin cache juga dapat memberikan keramahan bagi pengunjung. Karena dengan menggunakan cache, pengunjung akan lebih mudah meload halaman website kita, karena adanya cache yang masih tersimpan baik disisi server maupun client (browser pengunjung). Jika saat ini anda mencari tutorial bagaimana cara meningkatkan kecepata loading blog di wordpress maupun blogger maka anda berada disitus yang tepat. Baca artikel saya sebelumnya tentang tips meningkatkan kecepatan loading website:

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, pada artikel ini saya hanya akan membahas 6 Plugin Cache Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website. Yang mungkin saja bisa menjadi referensi untuk anda dalam memilih plugin yang tepat untuk website anda.

Free
$10
Coupon

Gratis $10 dollar dari vultr jika anda mendaftar menggunakan link berikut ini. Syarat minimal anda melakukan top up minimal $10. Maka saldo anda akan menjadi $20

More Less
Doesn't expire

6 Plugin Cache Terbaik Untuk WordPress

1. WP-ROCKET

plugin cache terbaikWP Rocket adalah salah satu plugin cache terbaik yang perlu Anda coba, plugin ini merupakan plugin premium dan sama sekali tidak memiliki versi gratis seperti plugin caching lainnya. Plugin ini juga sangat layak menjadi plugin premium karena memang memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki plugin pesaing lainnya dan dari banyaknya fitur tersebut mereka kemas dengan sangat sederhana untuk memudahkan pengguna dalam melakukan setup.

Sayangnya plugin ini merupakan plugin berbayar. Jadi untuk anda yang ingin menggunakan plugin ini anda harus berlangganan terlebih dahulu melalui situs https://wp-rocket.me/

2. WP SUPER CACHE

plugin cache terbaik

wp super cache merupakan salah satu plugin cache terbaik yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa website anda. Plugin cache ini dapat anda unduh secara gratis melalui direktori wordpress. WP Super cache dikembangankan oleh Automattic, dimana automattic adalah perusahaan di balik WordPress yang tentu saja tidak dapat diragukan lagi. WP Super Cache membagi konfigurasi cache menjadi dua pilihan yaitu Easy dan Advanced. Dimana untuk pemula yang tidak memiliki pengetahuan tentang cache dapat memilih pengaturan untuk “Easy” yang sangat sederhana namun juga memberikan hasil yang bagus. Dan pilihan “Advanced” ditujukan untuk pengguna yang sudah berpengalaman, Jika Anda bisa melakukan konfigurasi pada bagian Advanced ini maka Anda akan dapat menikmati fitur-fitur lebih dalam mengenai caching dan tentu pilihan advanced akan jauh lebih optimal dalam mendongkrak kecepatan WordPress.

3. W3 TOTAL CACHE

plugin cache terbaik

W3 Total Cache adalah plugin cache terbaik yang tidak bisa diragukan lagi kemampuannya, sama seperti WP Super Cache yang juga sudah digunakan oleh jutaan pengguna diseluruh dunia. Plugin ini memiliki pengaturan yang rumit dimana pengguna pemula akan merasa kesulitan untuk melakukan setup dan konfigurasi.

Ini adalah plugin yang sangat bagus dan cocok untuk pengguna expert yang berpengalaman, dan bagi pengguna pemula WordPress lebih disarankan untuk menggunakan plugin cache lain yang lebih sederhana untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat menurunkan performa situs Anda.

4. WP FASTEST CACHE

plugin cache terbaik

wp fastest cache merupakan salah satu plugin terbaik berikutnya. mungkin banyak dari anda yang tidak begitu mengenal plugin ini. Namun nyatanya plugin wp fastest cache  cukup popupler. Karena plugin wp fastest cache ini sudah diunduh lebih dari 300 ribu pengguna wordpress. Hal tersebut tentu saja sejalan dengan performa yang diberikan oleh plugin ini. Untuk itu saya merekomendasikan plugin wp fastest cache sebagai salah satu plugin cache terbaik.

WP Fastest Cache memiliki Panel pengaturan yang mudah dan pengguna WordPress pemula saya rasa dapat dengan mudah menggunakan plugin ini. Plugin ini memiliki versi pro yang akan mengaktfikan semua fitur-fitur unggulan seperti alat pengoptimalan gambar dan sederet fitur keren lainnya.

5. COMET CACHE

plugin cache terbaik

Comet cache yang sebelumnya dikenal dengan ZenCache dan Quick Cache merupakan salah satu plugin yang bisa anda andalkan untuk meningkatkan kecepatan website anda tanpa kendala yang berarti. Sejak namanya berubah menjadi comet cache, performa yang ditampilkan oleh plugin ini pun terus meningkat.

Plugin ini berkerja dengan menggunakan teknik advanced untuk menentukan kapan harus mengirim versi dalam cache dan kapan seharusnya tidak. Secara default, pengguna yang masuk ke sistem dan pengunjung yang telah berkomentar di situs web baru-baru ini tidak dilayani halaman cache. Anda dapat mengedit pengaturan konfigurasi ini dari halaman Pengaturan. Baca juga: 5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda!

6. CACHE ENABLER

plugin cache terbaik

cache enabler merupakan salah plugin cache yang menurut saya pribadi sangat mudah digunakan. Karena pengaturan yang diberikan oleh plugin ini sangat simple sekali. Tidak ada pengaturan yang rumit akan Anda temukan pada plugin ini karena memang sangat sederhana dan hanya ada satu halaman pengaturan. Plugin ini akan sangat cocok bagi pemula yang tidak begitu memahami WordPress. Namun hal tersebut tidak mengurangi fungsionalitas utama dari plugin ini. Jika untuk situs yang tidak terlalu besar plugin cache ini layak untuk dicoba karena untuk pemula plugin ini sudah sangat ampuh untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress.

 

KESIMPULAN

Setelah mencoba beberapa plugin cache diatas, saya menyimpulkan bahwa sebaiknya gunakanlah plugin yang sesuai dengan kriteria website anda. jangan menginstall 2 plugin sekaligus dengan fungsi yang sama, hal tersebut bukannya menambah kecepatan website anda melainkan hanya akan membuat kinerja kedua plugin tersebut menjadi bentrok.

Jika Anda mencari plugin cache gratis paling sederhana dan bekerja dengan sangat baik, maka saya akan memilih antara, WP Super Cache, Cache Enabler dan WP Fastest Cache.

Jika Anda memerlukan opsi caching yang lebih canggih untuk situs Anda dengan server yang bagus, dan Anda mampu untuk melakukan konfigurasi dengan tepat, maka W3 Total Cache adalah pilihan yang tepat buat Anda.

Tapi jika Anda memiliki uang untuk membeli lisensi cache dan akan melakukan semuanya untuk Anda dengan fitur yang lengkap dan dikemas menjadi satu paket sederhana maka WP Rocket adalah plugin cache terbaik untuk Anda gunakan.

Dan satu lagi, sebaiknya penggunaan plugin cache diimbangi dengan menggunakan CDN. Saat ini banyak sekali layanan CDN gratis seperti cloudflare ataupun berbayar dengan harga yang paling murah anda bisa menggunakan bunny CDN. Baca juga: Tips Mempercepat Loading Blog WordPress dengan Bunny CDN

Demikian artikel 6 Plugin Cache Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website.

Tags:
No Response

Leave a reply "6 Plugin Cache Terbaik Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Website"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.