5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda!

5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website – Keamanan dalam sebuah website merupakan faktor utama yang harus kita lakukan, termasuk backup, maintenance dalam sebuah website sangat perlu dilakukan. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya asset sebuah website adalah konten beserta konfigurasi-konfigurasinya. Untuk itu, kita harus selalu waspada terhadap sesuatu yang bisa menyebabkan kehilangan data. Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membakcup konten website anda dengan mudah, yaitu:

Pada artikel kali ini, saya akan membahas  5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda! Hal ini dimaksudkan agar anda dapat flexibel memilih plugin mana yang akan anda gunakan untuk membackup konten website anda agar sesuai dengan apa yang anda inginkan.

5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda!

1. BackupBuddyPlugin Terbaik Untuk Backup

BackupBuddy adalah plugin backup wordpress premium yang cukup populer. Plugin backupbuddy sangat cocok untuk anda yang menginginkan jadwal backup otomatis baik harian, mingguan maupun bulanan. BackupBuddy juga memiliki beberapa opsi penyimpanan lokal maupun cloud storage seperti Dropbox, Amazon S3, Cloud Rakspace, FTP, Stash (layanan cloud mereka), dan bahkan mengirimkannya melalui email kepada Anda secara langsung.

Jika Anda menggunakan layanan Stash mereka, maka Anda juga memiliki kemampuan untuk melakukan backup real-time.

Keuntungan menggunakan plugin backupbuddy ini adalah, anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakan plugin ini. Meskipun plugin ini memiliki fitur berbayar, namun fitur gratisnya pun tak kalah jauh dari plugin backup lainnya.

2. UpdraftPlusplugin terbaik untuk backup

UpdraftPlus adalah plugin backup website wordpress gratis. Plugin ini dapat membantu anda untuk membackup seluruh konten yang ada di website anda lalu menyimpannya ke cloud storage maupun mengunduhnya kekomputer anda. Beberapa cloud storage yang didukung oleh updraftplus ini diantaranya Dropbox, Google Drive, S3, Rackspace, FTP, SFTP, email, dan beberapa layanan penyimpanan cloud lainnya. Untuk tutorial cara menggunakan plugin updraftplus ini, anda bisa melihat tutorial berikut Cara Praktis Backup Konten Website dengan Plugin UpdraftPlus

3. BackWPup

plugin terbaik untuk backup

BackWPup adalah plugin backup wordpress yang memungkinkan anda untuk melakukan backup harian, mingguan dan bulanan secara otomatis dan menyimpannya di cloud (Dropbox, Amazon S3, Rackspace, dll), FTP, email, atau di komputer Anda. Plugin ini bisa anda download langsung dari direktory wordpress secara gratis. Dengan plugin ini selain untuk backup website, plugin ini juga bisa anda gunakan untuk me-restore konten website anda dengan mudah. Untuk tutorial penggunaan plugin BackWPup ini anda bisa melihat tutorialnya berikut Cara Backup Website WordPress dengan Plugin BackWPup.

4. BackUpWordPress

plugin terbaik untuk backup

BackupWordpress bisa menjadi salah satu plugin terbaik untuk backup website wordpress anda. Dengan bantuan plugin ini anda tidak perlu lagi melakukan backup secara manual melalui control panel. Dengan plugin BackupWordpress ini anda dapat mengatur jadwal otomatis untuk melakukan backup. Plugin ini hanya mendukung penyimpanan secara lokal (dihosting website anda) atau mengunduhnya kekomputer anda dan tidak memungkinkan untuk menyimpan ke cloud storage. Jika Anda ingin menyimpan cadangan Anda di Dropbox, Google Drive, FTP, dll, maka Anda perlu membeli ekstensi premium untuk itu. Ekstensi tersedia untuk setiap layanan, dan Anda dapat membeli yang Anda butuhkan atau seluruh paket.

5. VaultPress (dengan JetPack)

plugin terbaik untuk backup

VaultPress merupakan salah satu fitur yang ada di jetpack yang berfungsi untuk melakukan backup. Sang author sendiri (Automatic) membuat fitur ini menjadi berbayar. jadi, jika anda pengguna jetpack dan ingin menggunakan fitur ini anda diharuskan untuk membeli paket yang sudah tersedia pada situs resminya.

VaultPress menawarkan solusi backup cloud real-time otomatis mulai dari $ 3,50 per bulan.

Ada beberapa pertimbangan jika anda akan menggunakan fitur ini, yaitu harga yang terus dikeluarkan tiap bulannya dan kita harus menginstall plugin jetpack dan membuat akun wordpress.com. Tentu saja hal tersebut dapat memberatkan bagi mereka yang tidak begitu menyukai jetpack.

 

KESIMPULAN

Dari kelima plugin diatas, saya sendiri lebih menyukai plugin updraftplus. Karean dari segi pengaturan maupun fitur yang ditawarkan cukup lengkap meskipun fitur gratis yang diberikan pleh updraftplus. Untuk itu, sebaiknya anda gunakan plugin yang memang sesuai kebutuhan, sebuah plugin yang cukup untuk memenuhi apa yang anda inginkan. Jangan gunakan plugin yang terlalu banyak fitur, namun kita hanya gunakan beberapa fitur saja. Karena hal tersebut dapat membebani kinerja server anda.

 

Demikiant artikel 5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda!

 

No Response

Leave a reply "5 Plugin Terbaik Untuk Backup Website WordPress Anda!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.