More

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #2: Installing Requirements

    Masih dalam seri Tutorial Django Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan melajutkan artikel sebelumnya yaitu Tutorial DJango Bahasa Indonesia #1: Pengenalan dan Sejarah Perkembangannya. Seperti web framework pada umumnya ada beberapa requirements yang harus dipenuhi ketika kita akan mengembangkan website menggunakan DJango.

    Pada tutorial kali ini saya akan memberikan beberapa requirements penting dalam mengembangkan website menggunakan django, beserta cara installasinya.

    Requirements :

    1. Python
    2. easy_install and Pip
    3. Git (optional)
    4. virtualenv (Virtual Environment)
    5. Django
    6. Database (SQLite, MySQL, PostgreSQL, MongoDB, etc.)
    7. Text editor (Visual Studio Code, Sublime, vim, Komodo, gedit)

    Tutorial Installasi

    1. Python

    Untuk unix environment biasanya sudah terinstall secara default dengan versi python 2.7. Untuk mengeceknya gunakan perintah berikut:
    $ python -V
    Python 2.7.8

    Jika python anda sudah menggunakan versi 2.7.x silahkan lanjutkan ke step berikutnya.  Tapi pada tutorial kali ini saya tidak akan menggunakn python versi 2.7.x melainkan menggunakan versi 3.9.x, dimana versi tersebut merupakan versi terbaru pada saat artikel ini dibuat (maret 2021).  Untuk mengupgrade versi python di linux ikuti langkah-langkah berikut ini.

    Install python 3.9 di linux
    update repository

    sudo apt update
    sudo apt install software-properties-common

    menambahkan deadsnakes PPA ke file source.list
    sudo add-apt-repository ppa:deadsnakes/ppa

    ketika repository sudah ditambahkan, install python dengan perintah berikut:
    sudo apt install python3.9

    Untuk mengetahui apakah python sudah terinstall, jalankan perintah berikut
    python3.9 --version

    Install Python di Windows

    • Download python untuk windows menggunakan link berikut download python
    • Setelah download selesai, jalankan installer python.
    • Ketika muncul windows seperti dibawah ini, jangan lupa untuk ceklist bagian berikut initutorial django bahasaTujuannya, agar kita tidak perlu lagi repot-repot mengatur path pada environment variables pada windows.
    • Tunggu beberapa saat, sampai python berhasil terinstalltutorial python bahasa

    2. easy_install and Pip

    Easy_install dan pip, keduanya merupakan package manager python yang berguna untuk melakukan installasi package yang berada di pypi repository.

    pada step ini kita akan menggunakan pip sebagai package manager, yang mana pip sudah tersedia pada pada saat python sudah terinstall. Jadi, kita tidak perlu langi melakukan installasi pip.

    3. Git (Version Control)

    Sebagai developer, tentu saja kita harus terbiasa untuk menggunakan git. Karena dengan menggunakan git, kita dapat meng-track setiap perubahan kode yang sudah kita lakukan pada project kita. Namun, git ini bersifat optional, artinya anda menggunakan git atau tidak, itu tidak ada pengaruhnya dengan project django yang akan kita buat nanti. Git hanyalah tools untuk membantu anda melacak perubahan setiap kode apabila kita bekerja dalam sebuah tim.

    4. Virtual Env (Venv)

    Virtual Env adalah tools untuk membuat lingkungan python virtual yang terisolasi.

    Terisolasi artinya tertutup dan tidak bisa diakses dari dunia luar. Contoh ilustrasiny adalah sebagai berikut. tutorial django bahasa

    Program Python yang berjalan di dalam virtualenv memiliki modul-modulnya sendiri dan program dari luar tidak bisa mengaksesnya.

    Sedangkan program Python yang berjalan tanpa vritualenv hanya bisa menggunakan modul-modul global saja, yang berada di /usr/lib/python2.7/site-packages.

    untuk membuat virtual env ada beberapa cara yang bisa digunakan, namun yang akan saya contohkan kali ini adalah cara yang biasa saya gunakan untuk membuat venv(virtual env)

    Buat project folder misal : contoh_app. Lalu masuk ke folder tersebut dan install virtual env dengan perintah berikut. (pastikan python sudah berhasil terinstall)

    Windows
    python -m venv env

    Linux/Unix
    python3 -m venv env

    Perintah diatas akan membuat folder virtual environment dengan nama env

    Untuk mengaktifkan virtual environment jalankan perintah berikut pada cmd/terminal anda.

    Windows
    env\Scripts\activate

    Linux/Unix

    source env\Scripts\activate

    karena virtual env berfungsi untuk mengisolasi sebuah library/package, maka biasakanlah untuk membuat virtual env setiap kali anda membuat project python maupun django dan mengaktifkannya, agar package-package tersebut tidak terinstall secara global.

    5. Django

    Untuk menginstall django kita bisa menggunakan pip(package installer python). Dengan perintah berikut ini. jangan lupa sebelum melakukan installasi django, aktifkan terlebih dahulu virtual environment anda.

    pip install django

    Jika ingin menyesuaikan dengan versi tertentu anda bisa menambahkan versi dibelakang django seperti berikut

    pip install django==3.1.4

    Perintah tersebut akan menginstall django dengan versi 3.1.4

    6. Database

    Untuk sekedar latihan, django sudah menyediakan secara default sqlite database, dimana sqlite tersebut akan terinstall secara lokal di folder project anda. Jadi, anda tidak perlu repot untuk menginstall database lain seperti mysql, posgres dsb.

    7. Text Editor

    Kalau yang satu ini disesuaikan saja dengan selera masing-masing. kalau saya pribadi lebih suka menggunakan visual studio code. Karena visual studio code memiliki extension dan juga theme yang beragam dan menarik

    Untuk installasi video studio code caranya hampir sama ketika kita menginstall software. Disini saya hanya akan memberikan beberapa extension yang dibutuhkan ketika nanti kita belajara membuat aplikasi dengan Django yaitu:

    Jika semua requirements diatas sudah dipenuhi, maka pada artikel berikutnya kita akan membuat project baru menggunakan django. Serta mengenal bagaimana cara django bekerja.

    Untuk artikel Tutorial Django Bahasa Indonesia pada part kedua ini. Sampai ketemu pada artikel berikutnya.

    Selanjutnya: Tutorial Django Bahasa Indonesia #3: Membuat Project Django

     

    Recent Articles

    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...
    membuat app django

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #4: Membuat App Django

    0
    Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal apa itu django dan bagaimana cara membuat project pertama dengan django. Pada bagian ke #4 ini saya akan...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #3: Membuat Project Django

    0
    Pada tutorial django bagian #3 ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat project baru dengan django. Tak hanya itu, kita juga akan belajar bagaimana...
    tutorial django bahasa indonesia

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #2: Installing Requirements

    2
    Masih dalam seri Tutorial Django Bahasa Indonesia. Kali ini saya akan melajutkan artikel sebelumnya yaitu Tutorial DJango Bahasa Indonesia #1: Pengenalan dan Sejarah Perkembangannya. Seperti web...

    Related Articles

    2 Comments

    1. Gan untuk visual studio code nya free gak gan ?
      bisa download dari situs mikocok nya? ato kalo boleh share link nya gan
      lanjut part 3 nya gan. lagi semangat belajar nih.

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!