Home » Artikel » Daftar Penyedia Layanan SSL Gratis

Daftar Penyedia Layanan SSL Gratis

Semakin canggihnya teknologi maka kita juga perlu meningkatkan keamanan sebuah website. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan website adalah dengan menggunakan layanan ssl pada website anda. apa itu SSL?? dan apa manfaatnya? SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien, biasanya dikenal dengan server web (website) dan browser; atau email server dan email klien (misalnya, Outlook). Teknologi keamanan ini memungkinkan informasi yang sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, dan kredensial login terkirim dengan aman. Biasanya data yang dikirim antara browser dan server web dalam bentuk teks rentan terhadap penyadapan. Jika penyerang dapat mencegat semua data yang dikirim antara browser dan web server, penyerang bisa melihat dan menggunakan informasi tersebut.

Manfaat menggunakan SSL

Untuk Meng-enkripsi Informasi Sensitive

Alasan utama manfaat menggunakan ssl adalah salah satunya yaitu untuk mengamankan informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, Sehingga hanya penerrima pesan  yang bisa memahami hasil enkripsi tersebut. Sehingga hal tersebut dapat mengamankan data penting sperti kartu kredit, email dan password.

layanan ssl gratis

Otentikasi (Authentication)

Selain juga enkripsi, sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Ini artinya Anda dapat lebih pasti dalam mengirimkan informasi ke server yang benar-benar valid dan bukan malah ke kriminal server . Mengapa ini begitu sangat penting ? Sifat dasar dari internet artinya bahwa pelanggan Anda akan lebih sering dalam mengirimkan informasi yang melewati beberapa jumlah komputer. Setiap dari komputer ini bisa berpura-pura menjadi website Anda dan mengelabui pengguna Anda untuk mengirimkan informasi mereka ke komputer tersebut. Hal ini hanya dapat dihindari dengan menggunakan Public Key Infrastructure (PKI), dan mendapatkan sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya.

 

Pada dasarnya layanan SSL itu berbayar dan memiliki variasi harga mulai dari $15 hingga $1000 pertahunnya. Tetapi semakin banyaknya pengguna internet saat ini, menyebabkan beberapa organisasi menerbitkan sebuah ssl yang bisa digunakan secara free alias gratis selamanya. Berikut ini adalah daftar penyedia layanan SSL gratis.

Daftar Penyedia Layanan SSL Gratis

SSL Gratis WoSign

SSL yang diberikan oleh WoSign ini valid hingga 2 tahun dan mendukung hingga 5 domain. Jika lebih dari 5 domain, maka akan di kenakan biaya $1.99/year. Anda bisa mendapatkan SSL gratis dari WoSign bisa mengunjungi tautan berikut ini.

https://www.wosign.com/english/freeSSL.htm

SSL Gratis StartSSL

StartSSL Merupakan layanan yang sempat booming beberapa waktu lalu disaat semua layanan SSL masih berbayar. Startssl Mendukung untuk 5 domain dengan validasi level class 1, sertifikat ssl gratis hanya berlaku untuk satu tahun saja.

https://www.startssl.com/

SSL Gratis CloudFlare

Layanan CDN seperti CloudFlare juga memberikan layanan ssl gratis. Untuk bisa menggunakan SSL gratis dari cloudflare anda di haruskan mengarahkan domain ke nameserver cloudflare terlebih dahulu.

https://www.cloudflare.com/ssl/

SSL Gratis Let’s Encrypt

Meskipun masih tergolong baru, namun sudah banyak sekali pengguna layanan ssl gratis dari let’s encrypt. Dan para sponsornya pun berasal dari situs-situs besar seperti facebook, mozilla, akamai selengkapnya anda bisa mengunjungi situs resmi dari let’s encrypt. Untuk melakukan installasi ssl gratis dari let’s encrypt anda bisa melihat panduannya melalui link berikut ini.

Baca : Cara Mendapatkan SSL Gratis dari Selamanya Let’s Encrypt

https://letsencrypt.org/getting-started/

SSL Gratis Comodo

Untuk penyedia layanan SSL seperti comodo, sebelum membeli versi premiumnya anda juga bisa mencoba trial selama 90 hari dari comodo ssl. contohnya adalah situs tutorialpedia.net ini yang saat ini masih menggunakan ssl gratis trial dari comodo. Untuk mendapatkan ssl gratis dari comodo anda bisa mengunjungi link berikut ini.

https://ssl.comodo.com/free-ssl-certificate.php

SSL Gratis Provide cPanel

Untuk yang satu ini tergantung dari hosting yang anda gunakan. Silahkan hubungi provider hosting anda apakah mendukung untuk layanan SSL gratis provide cPanel ini atau tidak. SSL provide cpanel ini juga menggunakan comodo sebagai issuernya.

GoDaddy SSL Certificate

Jika anda punya proyek Open Source anda bisa mencoba SSL gratis dari GoDaddy untuk tahun pertama. lebih lanjut silahkan kunjungi : https://id.godaddy.com/ssl/ssl-open-source.aspx

 

Itulah beberapa layanan SSL gratis yang bisa anda gunakan untuk mengamankan website anda. Selain itu menggunakan ssl pada website anda juga bisa meningkatkan serp di hasil pencarian google. Tentu saja ini sangat bagus untuk meningkatkan pengunjung website anda.

demikian artikel Daftar Layanan SSL Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

pentingnya menggunakan amp

Pentingnya Menggunakan AMP Google Pada Situs Anda!

Pada tahun 2015 yang lalu, tepatnya pada bulan oktober, Google secara resmi merilis produk terbaru mereka yaitu amp project. Apa ...