Home » Misc » Cara Mendapatkan Hosting Java Gratis
hosting java gratis logo

Cara Mendapatkan Hosting Java Gratis

Bagaimana cara mendapatkan hosting java gratis? Untuk seorang developer java khususnya J2EE pemula, tentunya akan dibingungkan dengan bagaimana agar aplikasi yang telah dibuat bisa diakses secara publik. Karena untuk bisa mengonlinekan aplikasi tersebut kita membutuhkan sebuah tempat/hosting yang nantinya digunakan untuk meletakkan file agar bisa diakses secara umum. Kebanyakan penyedia layanan hosting saat ini cenderung hanya mendukung untuk bahasa pemrograman PHP saja. Meskipun ada layanan gratis untuk mendeploy aplikasi java seperti heroku, namun persyaratannya kita diwajibkan memverifikasi credit card terlebih dahulu, tentu saja ini sangat menyulitkan bagi anda yang belum mempunya kartu kredit. Solusi lain adalah dengan menggunakan VPS (Virtual Private Server), namun untuk bisa menggunakan vps diperlukan pemahaman tingkat lebih lanjut tentang pengelolaan server dan perintah-perintah pada linux. Karena vps linux lebih murah dibandingkan dengan vps windows, dan linux cenderung lebih stabil apabila digunakan untuk dijadikan untuk server hosting.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hosting java gratis dan juga mudah untuk melakukan setupnya?

Jelastic adalah jawaban dari masalah tersebut.

Apa itu jelastic? Jelastic (Java Elastic) adalah sebuah cloud platform Java yang juga disebut PaaS (Platfom as Service) dan CaaS untuk layanan hosting, ISVs, DevOps dan enterprises. yang dapat digunakan secara publik,private, Hybrid dan Multi-Cloud deployments.

Pada prinsipnya jelastic merupakan provider berbayar seperti lainnya, namun anda bisa mendapatkan masa percobaan selama 2 minggu secara gratis. Pada masa percobaan tersebut anda bisa membuat environment hingga 8 cloudlet. Jelastic tidak hanya digunakan untuk platform java saja, tetapi bisa digunakan untuk platform lain seperti PHP, Ruby,Node.js, dan juga phyton.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mendapatkan hosting java gratis dari jelastic

1. Kunjungi website jelastic disini

2. Lalu isi form TRY IT OUT dengan email anda.

hosting java gratis

3. Pada kolom service provider anda bisa memilih lokasi server yang ingin anda gunakan. Jelastic memiliki 27 server yang tersebar diseluruh dunia.

4. Lalu klik TRY IT

5. Sekarang cek email yang anda gunakan pada form TRY IT OUT tadi. Anda akan diberi tautan untuk mengatur password, yang nantinya digunakan untuk login ke app jelastic.

6. Setelah itu silahkan lakukan login berdasarkan email dan password yang telah anda buat.

Berikut adalah dashboard dari app jelastic.hosting java gratis

 

Untuk bisa menggunakannya, anda diwajibkan membuat sebuah environment terlebih dahulu. Pada environment tersebut anda bisa memilih aplication Server apa yang ingin anda gunakan. Misal apache tomcat , jboss, glashfish dsb. lalu anda juga bisa memilih engine database apa yang akan anda pasang pada environment tersebut, beberapa pilihan yang bisa anda gunakan  yaitu MariaDB, MySQL,posgresql, dan perconaDB.

Berikut ini adalah pengaturan apabila anda ingin melakukan deploy aplikasi java anda.

hosting java gratis

Penjelasan gambar:

  1. merupakan application server yang ingin anda gunakan, untuk platform java biasanya saya menggunakan Apache tomcat.
  2. Engine database, klik untuk mengaktifkannya, lalu pilih engine database apa yang ingin anda gunakan.
  3. Pengaturan cloudlet. Untuk versi trial maksimal yang bisa anda gunakan adalah 8 cloudlet.
  4. isi nama environment dengan nama yang ingin anda gunakan. Nama envinronment ini nantinya akan digunakan sebagai subdomain untuk aplikasi anda.

Untuk membuat environment membutuhkan waktu beberapa menit. dan berikut adalah environment yang berhasil kita buat.

hosting java gratis

Untuk cara mendeploya aplikasi java, saya akan bahasa pada tutorial berikutnya.

Demikiant artikel cara mendapatkan hosting java gratis dari jelastic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*