More

    Apa itu Web Browser? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

    Apa itu Web Browser? – Pasti anda sudah sering kali mendengar kata browser bukan? istilah web browser sering digunakan bagi anda yang beraktivitas diinternet seperti membuka sosial media, mencari sesuatu di google tentunya kita akan membutuhkan sebuah aplikasi yang dinamakan web browser.

    Lalu, apakah anda tahu pengertian tentang web browser?

    Web browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada berbagai macam perangkat web browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya

    Pada awalnya browser hanya bisa menampilkan teks saja, namun pada perkembangannya hingga saat ini browser sudah mampu menampilkan berbagai media seperti gambar, suara, video dan data – data lainnya. Baca juga: 6 Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger

    Selanjutnya pengertian browser menurut para ahli adalah sebagai berikut :

    Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengoperasikan internet, terutama sebagai media untuk melakukan browsing, surfing dan melakukan aktivitas di dunia maya lainnya.  ( Gustaf Pahala Frans )

    Browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs tersebut di kotak address. ( Lia Kuswayatno DKK )

    Saat ini banyak sekali web browser yang tersedia, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer. Dimana web browser tersebut yang paling banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia. Dimana setiap web browser mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing dan tiap tahun biasanya masing-masing developer akan melakukan update agar membuat web browser tersebut menjadi lebih ringan dan mempunyai fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Untuk Pemula

    Saya pribadi suka sekali berganti-ganti web browser, pada awal kenal internet sekitar tahun 2009 saya hanya mengenal web browser mozilla firefox dan setiap melakukan browsing diinternet selalu menggunakan mozilla firefox namun seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 2012 saya mengenal web browser besutan google yaitu chrome dimana saya langsung jatuh cinta pada web browser satu ini, karena browser ini sangat cepat sekali ketimbang firefox saat itu meskipun memakan memory/RAM yang cukup banyak ketika melakukan multi tab, tapi soal performa saya sangat suka sekali, sampai pada akhirnya pada tahun ini (2018) saya kembali mencoba web browser lain yaitu opera dimana lagi-lagi saya jatuh cinta dengan web browser satu ini karena dari tampilan menu yang komplit dan resource yang digunakan tidak sebesar google chome. Hingga akhirnya saat ini saya memutuskan untuk menggunakan opera web browser dan mengaturnya menjadi default web browser di laptop saya. Selamat tinggal Chrome…

    Fungsi dan Manfaat Browser

    Setiap hari kita sebagai pengguna internet akan selalu menggunakan browser untuk membaca berita, bersosmed ria maupun menemukan data-data lainnya.

    Browser memiliki beberapa fungsi dan manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Untuk Membuka Website
    Ini menjadi fungsi yang paling sering digunakan oleh pengguna internet yaitu mengarahkan pengguna pada alamat website yang ingin dituju.

    Dengan menggunakan browser pengguna internet bisa langsung menuju alamat dimana dia akan mengakses data, hal ini berbeda dengan penggunaan search engine dimana dia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

    2. Untuk Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan
    Selanjutnya selain memberikan akses pada website yang dituju secara langsung, browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website, termasuk efek tampilan yang ada didalamnya.

    Sehingga laman web bisa ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, browser juga mampu menampilkan foto, video dan audio pada laman web tersebut.

    3. Untuk Mendukung Permintaan Data
    Selain dua fungsi diatas browser juga berfungsi untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan atau yang lebih dikenal dengan istilah Requesting Supporting Data .

    hampir seluruh alamat web yang bertebaran di internet dapat diakses dengan menggunakan browser dan data yang ada berupa foto ataupun media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

    4. Untuk Keamanan Suatu Web
    Dalam sebuah browser biasanya ada proses authentication atau proses verifikasi terhadap suatu website untuk memastikan bahwa website tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi.

    Misalnya saja, untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak perangkat tersebut.

    5. Untuk Mendukung Penggunaan Search Engine
    Browser juga berfungsi sebagai pendukung penggunaan search engine atau mesin pencari. Dimana secara umum search engine merupakan bagian dari browser sehingga pengguna internet bisa mencari data dengan mudah dan cepat tanpa perlu harus mengetik alamat di address bar pada browser.

    Contoh Web Browser

    1. Google Chrome

    apa itu web browserSejarah Google Chrome, Pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, yang saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. Lalu pada 11 Desember pada tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.

    2. Mozilla Firefox

    apa itu web browser

    Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah web browser lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

    Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004 Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004.

    Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis open-source yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

    3. Opera

    apa itu web browser

    Sejarah Browser Opera pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 pada tahun 1996 yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows. Namun kini Opera sudah bisa beroperasi di berbagai platform termasuk pada perangkat mobile.

    4. Internet Explorer

    apa itu web browser

    Sejarah browser Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah Web dan perangkat yang gratis dari Microsoft dan disertakan dalam setiap rilis Sistem Operasi Microsoft Windows sejak 1995.

    Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon. Menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah perambaan web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic. Versi pertama dari Internet Explorer ini dirilis pada 16 Agustus 1995.

    5. Safari

    apa itu web browser

    Safari adalah sebuah browser buatan Apple.Inc yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan browser bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3.

    Demikianlah artikel tentang Apa itu Web Browser? Pengertian, Fungsi dan Contohnya.

    Semoga bisa memberikan informasi tambahan bagi anda yang saat ini mungkin sedang mengerjakan tugas ataupun makalah yang berkaitan dengan web browser.

    Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah ini.

     

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!