Apa itu JQuery? Pengertian dan Sejarahnya

Apa itu jquery? – Mungkin bagi para programmer sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jquery ini. jQuery adalah sebuah library JavaScript lintas-platform yang dirancang untuk menyederhanakan scripting HTML di sisi klien. jQuery adalah library JavaScript paling populer digunakan saat ini, dengan instalasi di 65% dari 10 juta teratas situs dengan lalu lintas tertinggi di Web. jQuery gratis, perangkat lunak open-source yang berlisensi di bawah Lisensi MIT. (wikipedia)

Jquery Pertama kali dirilis pada tahun 2006 oleh John Resig, jQuery ditetapkan menjadi sebuah library JavaScript lintas-platform yang membuatnya lebih mudah untuk menulis solusi di sisi klien. Baca juga: Tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHPapa itu jquery

Pada saat dirilis, dia sangat berguna karena inkonsistensi yang ada di antara implementasi JavaScript di Internet Explorer, Firefox, dan Google Chrome (yang belum dirilis sampai 2008).

jQuery juga memampukan developer menciptakan berbagai plugin berbasis library JavaScript. Dengan plugin-plugin tersebut, pengembang situs web mampu menyusun sejumlah abstraksi untuk interaksi dan animasi sederhana, juga beberapa efek yang cukup kompleks dan berbagai widget yang dapat dikonfigurasikan.

FITUR-FITUR JQUERY

jQuery memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

  • Penyeleksian elemen-elemen DOM menggunakan selector engine Sizzle. Sizzle merupakan perangkat lunak multiplatform sumber terbuka yang berawal sebagai proyek sampingan jQuery.
  • Manipulasi DOM berdasarkan selektor CSS yang memanfaatkan nama-nama dan atribut elemen, misalnya id dan class, sebagai kriteria seleksi simpul-simpul DOM.
  • Events
  • Efek dan animasi
  • AJAX
  • Obyek-obyek deferred and promose untuk mengontrol pemrosesan asinkron
  • Penguraian JSON
  • Ekstensibilitas melalui plugin
  • Sejumlah utilitas, misalnya: informasi agen pengguna (user agent), deteksi fitur perangkat
  • Metode-metode kompatibilitas yang tersedia secara bawaan pada browser-browser modern, namun membutuhkan pencadangan pada browser yang lebih tua, misalnya inArray() dan each
  • Dukungan multi-browser

Jquery mempunyai beberapa proyek diantaranya:

1. JQuery UIapa itu jqueryjQuery UI adalah kumpulan seperangkat interaksi antarmuka pengguna, efek, widget, dan tema-tema yang dibangun di atas Library JavaScript jQuery. Apakah Anda sedang membangun aplikasi web yang sangat interaktif atau Anda hanya perlu menambahkan pemetik tanggal ke kontrol form, jQuery UI adalah pilihan yang sempurna.

2. JQuery Mobile

apa itu jquery

jQuery Mobile adalah sistem antarmuka pengguna berbasis HTML5 yang dirancang untuk membuat situs web responsif dan aplikasi yang dapat diakses di semua perangkat smartphone, tablet dan desktop.

Itulah penjelesan singkat tentang apa itu jquery. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan terkait jquery. Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

No Response

Leave a reply "Apa itu JQuery? Pengertian dan Sejarahnya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.