More

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita.

    Memilih ISP adalah hal yang penting dalam kehidupan sekarang, dikarenakan kebanyakan ter-digitalisasi maka dibutuhkan koneksi yang handal untuk memperoleh koneksi internet yang stabil.

    Baca juga : Pengalaman Menggunakan VPS Digital Ocean

    Di Indonesia sendiri ada banyak ISP yang tumbuh, ada yang berbasis fiber optic, wireless, vsat dan lain-lain. Banyaknya ISP yang ada di Indonesia mengakibatkan calon customer terkadang mempunyai kendala tersendiri untuk memilih ISP mana yang cocok untuk keperluan.

    Tips Memilih ISP

    Ketahui kebutuhan Anda

    Sebelum memilih ISP, Anda harus tahu kebutuhan bandwidth yang akan Anda perlukan, berapa mega idealnya? kemudian apakah Anda sering mengakses social media? atau Anda membutuhkan koneksi yang bagus untuk streaming? atau Anda membutuhkan koneksi yang bagus ke Eropa/Amerika. Semua kebutuhan tersebut harus Anda pahami dan tanyakan ke sales representatif ISP Anda, jangan malu untuk meminta hasil speedtest, traceroute ke beberapa situs.

    Jangkauan wilayah

    Dalam memilih ISP, ada baiknya Anda tanyakan dulu apakah wilayah Anda sudah tercover atau belum, ini penting dikarenakan apabila tidak tercover ISP tidak bisa men-deliver bandwidth di tempat Anda.

    Media yang digunakan

    Silakan berkonsultasi dengan sales, apakah di area Anda dapat tercover wireless atau fiber? Apabila memungkinkan silakan pilih fiber walaupun terkadang lebih mahal, namun fiber memberikan kestabilan dan latency yang lebih bagus daripada wireless.

    Apabila memungkinkan, kombinasi dari kedua media tersebut sangatlah bagus, misalkan fiber optic sebagai koneksi utama dan wireless sebagai koneksi backup. Kenapa begitu? — Kedua media tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan yang saling melengkapi, contohnya adalah pada saat gangguan, fiber optic membutuhkan maintenance yang lebih lama dikarenakan proses maintenance yang melibatkan banyak pihak, misal ijin gali, pasang kabel dan lain-lain.

    Sedangkan wireless, mempunyai keunggulan dalam kecepatan maintenance dan instalasi, tidak dibutuhkan waktu yang lama apabila ada gangguan.

    Profil perusahaan

    Sebelum memutuskan menggunakan layanan ISP ada baiknya jika Anda melihat profil perusahaan yang akan dipilih. Silakan cek bagaimana kondisi website-nya, social media-nya, apakah semuanya terurus? bagaimanakah kecepatan respon di social media dan seterusnya. Ini penting, karena dalam hal sekecil itu saja sudah diperhatikan, apalagi Anda yang akan menjadi customer, maka otomatis akan mendapatkan perhatian yang lebih bukan?

    Support/after sales

    Jangan tertipu oleh murahnya layanan, terkadang murahnya layanan tidak diimbangi dengan support yang responsif. Kita sering mendengar ada customer pada perusahaan X sering gangguan dan sudah berkali-kali komplain tapi tidak ada tindak lanjutnya.

    Support sangat penting ketika Anda mulai berselancar internet, problem pasti ada dan jika Anda tidak dapat memecahkan problem tersebut, sudah selayaknya Anda berkonsultasi masalah internet tersebut ke ISP Anda. ISP yang baik biasanya mempunyai informasi yang lengkap bagaimana menghubungi divisi customer care, selalu online atau 24×7, menyediakan beberapa jenis cara untuk berkomunikasi

    Cek koneksi

    Internet sejatinya adalah gabungan dari sub-internet yang tersebar di beberapa kota, provisi, negara di seluruh dunia, bisa diibaratkan internet adalah jaringan laba-laba. Untuk terhubung ke internet, ISP akan membeli koneksi ke NAP (ISP yang lebih tinggi), atau ISP akan terhubung dengan ISP yang lain melalui exchange yaitu tempat dimana ISP saling terhubung di suatu daerah.

    Exchange di Indonesia yang paling terkenal adalah OpenIXP, IIX, Neucentrix, CDC, MCSIX dan lain-lain

    Silakan tanyakan ke sales Anda upstream mana saja yang dia punya. Tips, lebih baik apabila ISP mempunyai 2 upstream dan lebih banyak lebih bagus. Jangan lupa untuk menanyakan terhubung ke exchange mana saja, sama seperti upstream, lebih banyak lebih bagus.

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!