Home » WordPress » Cara Mudah Menemukan Broken Link Pada Blog WordPress
menemukan broken link

Cara Mudah Menemukan Broken Link Pada Blog WordPress

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Apa itu broken link ? dan Apa Dampaknya Untuk Situs andaPada artikel tersebut juga telah dijelaskan apa saja efek apabila situs anda mempunyai banyak broken link. Untuk menemukan broken link pada suatu blog, banyak sekali cara yang bisa anda gunakan, salah satunya anda bisa memanfaat google search console dari google maupun tools broken link checker lainnya. Namun, pada tutorial kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Mudah Menemukan Broken Link Pada Blog WordPress. Yang mana, tutorial ini hanya di peruntukkan bagi anda pengguna CMS WORDPRESS.

Cara menemukan broken link pada blog wordpress caranya sangat mudah sekali. Anda hanya perlu menginstall plugin yang telah di sediakan di repository wordpress. Anda cukup menginstall lalu menjalankan plugin tersebut. Lalu, plugin tersebut akan mencari semua broken link yang ada pada blog anda secara otomatis.

Sebelum ke tutorial cara mudah menemukan broken link pada blog ada baiknya kita membahas lebih dalam lagi tentang broken link itu.

kenapa sih kita perlu membasmi broken link yang ada pada blog kita?

Karena broken link dapat menyebabkan website kita akan dianggap sebagai sebuah website yang buruk karena memberikan referensi yang tidak akurat kepada pembaca website kita. Banyak link yang tersedia di website kita ternyata adalah sebuah ‘jalan buntu’.

Nantinya Google akan secara perlahan menurunkan rangking website kita di hasil pencariannya. Oleh karenanya, kita perlu menemukan link-link non-aktif ini dan membuangnya dari website kita. Agar predikat website kita bisa kembali lagi menjadi bagus.

Menemukan Broken Link Menggunakan Plugin Broken Link Checker

Kabar baiknya, saat ini wordpress telah menyediakan plugin yang bisa anda gunakan untuk membantu anda menemukan broken link secara mudah. Yaitu sebuah plugin dengan nama Broken Link Checker.

menemukan broken link

Cara Install Plugin Broken Link Checker

  1. Masuk ke dashboard wordpress anda.
  2. Lalu masuk ke menu Plugin – Add Newmenemukan broken link
  3. Pada pojok kanan atas, cari plugin dengan nama Broken Link Checkermenemukan broken link
  4. Akan muncul hasilnya pada urutan pertama, Lalu klik Install Nowmenemukan broken link
  5. Lalu klik Activatemenemukan broken link
  6. Lalu untuk pengaturan plugin Broken Link Checker masuk ke menu Settings – Link Checkermenemukan broken link
  7. Pada setting tersebut anda bisa mengatur bagaimana plusing akan bekerja.

Begitu plugin ini kita install, tidak banyak yang perlu kita lakukan, bahkan bisa kita diamkan saja nanti dibalik layar akan memeriksa berbagai link yang ada di website kita. Jika ditemukan broken link, nantinya kita akan diberi tahu via email.

Untuk melihat daftar broken link, anda bisa masuk ke menu Tools – Broken links

Disitu anda bisa melihat daftar broken link yang telah terdeteksi oleh plugin tadi.menemukan broken link

Anda juga bisa melakukan action pada broken link tersebut. kalau saya pribadi memilih untuk melakukan Unlink pada kedua broken link tersebut. Caranya :

  1. Pilih daftar broken link yang akan di unlink.
  2. Lalu klik pada combo box pilih Unlink. Lalu klik Applymenemukan broken link
  3. Jika sudah di unlink. Seharusnya tidak ada lagi broken link ditemukan. Seperti pada gambar dibawah ini.menemukan broken link

Itulah tutorial Cara Mudah Menemukan Broken Link Pada Blog WordPress menggunakan plugin broken link checker. Semoga dengan begini SEO website menjadi lebih baik dan Website kita bisa menjadi nomor 1 di Google search engin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

cara modifikasi blockquote wordpress

Kode CSS Untuk Desain Blockquote di WordPress

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara mengubah atau memodifikasi desain blockquote default wordpress agar menjadi lebih menarik. Pada artikel kali ini, ...