Home » WordPress » Fungsi Plugin Hello Dolly di WordPress
fungsi plugin hello dolly

Fungsi Plugin Hello Dolly di WordPress

Fungsi Plugin Hello Dolly di WordPress – Ada yang unik ketika pertama kali kita menginstall wordpress self hosting, yaitu dengan adanya plugin Hello Dolly  yang otomatis ada ketika kita menginstall wordpress. Pernahkah anda berfikir, Apa fungsi dan tujuan dari adanya plugin hello dolly tersebut? atau anda langsung saja menghapusnya tanpa berfikir atau mencari tahu informasi tentang plugin tersebut terlebih dahulu?

Sebagian orang mungkin akan mencari tahu dan mengapa plugin tersebut selalu ada pada setiap versi wordpress yang di rilis. Tapi Sayangnya, pihak wordpress sendiri hanya memberikan keterangan sama-samar tentang plugin tersebut. Untuk itu, kami akan membahasnya secara rinci pada artikel kali ini.

Apa itu Plugin Hello Dolly ?

fungsi plugin hello dolly

 

Saat anda mencoba mengaktifkan plugin tersebut, sekilas tidak ada perubahan yang terjadi pada dashboard wordpress admin anda. Pada sidebar pun tidak ada yang berubah, tapi coba anda lihat pada bagian pojok kanan atas pada dashboard wordpress anda. Akan muncul tulisan seperti kata-kata yang sudah diatur, dan kata-kata tersebut akan terus berubah ketika anda berpindah halaman dari satu ke halaman yang lainnya. Lalu apa sih sebenarnya Plugin Hello Dolly itu? Ketika anda mencoba melihat deskripsi dari plugin tersebut maka akan ada sebuah keterangan seperti berikut ini:

This is not just a plugin, it symbolizes the hope and enthusiasm of an entire generation summed up in two words sung most famously by Louis Armstrong: Hello, Dolly. When activated you will randomly see a lyric from Hello, Dolly in the upper right of your admin screen on every page.

Versi Indonesia.

Ini bukanlah hanya sebuah plugin, tetapi juga merupakan simbol dari harapan dan antusiasme dari seluruh generasi yang diambil dari lagu yang terkenal dinyanyikan oleh Louis Armstrong: Hello, Dolly. Ketika diaktifkan plugin ini akan menampilkan lirik lagu Hello secara acak, Pada bagian kanan atas layar admin wordpress anda di setiap halaman

Jadi Plugin Hello Dolly ini berfungsi hanya sebagai simbol dari wordpress yang terinspirasi dari lagu Hello, Dolly yang di populerkan oleh Louis Armstrong. Maka tidak heran jika kita mengaktifkan plugin tersebut akan ada muncul sebuah tulisan yang berisi lirik lagu dari Hello Dolly.

Lalu, Mengapa plugin tersebut terinstall secara otomatis pada wordpress?

fungsi plugin hello dolly

Sejarah Plugin Hello Dolly

Hello Dolly merupakan plugin pertama kali yang dibuat pada Wordpess. Plugin tersebut dibuat pada Mei, 2004 bersamaan dengan dirilisnya versi wordpress 1.2. Hello Dolly dibuat oleh pembuat WordPress sendiri yaitu Matt Mullenweg. Sejak saat itu, plugin Hello Dolly terus disisipkan secara otomatis di semua versi WordPress.

Apa tujuan di buatnya plugin Hello Dolly?

Sejauh ini kami tidak tahu apa tujuan dengan adanya plugin Hello Dolly ini. Meski banyak sekali perdebatan para pengguna wordpress di forum-forum untuk menghapus plugin tersebut dari paket installasi wordpress, namun tetap saja plugin tersebut masih ada meski telah lebih dari 11 tahun.

Banyak yang beropini bahwa dengan adanya plugin Hello Dolly tersebut dapat membantu para developer baru dalam membuat plugin baru WordPress meski faktanya Plugin Hello Dolly tersebut bukanlah contoh yang baik dalam mengembangkan atau belajar dalam menulis plugin wordpress.

Banyak kalangan menilai mengapa plugin tersebut hingga saat ini sebagai default di paket instalasi wordpress adalah alasan tradisi karena bagi para pengguna wordpress atau pengembang utama wordpress dapat mengingatkan hari terbaik awal dimulanya dapat digunakan di wordpress dan seberapa lama wordpress telah dikenalkan ke publik.

Bolehkah saya menghapus plugin Hello Dolly?

Tentu saja boleh, mengingat fungsi dari plugin hello dolly ini tidak memiliki peran yang penting, anda dapat menghapus plugin tersebut dari direktori anda. Atau bisa jadi menghapus plugin Hello Dolly merupakan langkah yang wajib anda lakukan ketika pertama kali menginstall WordPress.

Meski ada beberapa orang yang membiarkan plugin ini dengan kondisi tidak di aktifkan. Namun, lebih baik anda menghapus plugin yang tidak anda gunakan karena dapat menghemat space hosting anda.

Ingin tahu seperti apa sih lagu Hello Dolly yang di populerkan oleh Louis Armstrong itu? Anda bisa melihat video musik nya berikut ini.

Demikian artikel singkat tentang Fungsi Plugin Hello, Dolly di WordPress.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

memasang related post di dalam postingan

Cara Memasang Related Post di Dalam Postingan WordPress

Memasang related post di dalam postingan blog merupakan cara jitu untuk meningkatkan jumlah page views  pada blog anda. Dengan memasang related post ...