Home » WordPress » Cara Setting Plugin Jetpack dan Fungsinya Bag. 2
cara setting plugin jetpack

Cara Setting Plugin Jetpack dan Fungsinya Bag. 2

Cara Setting Plugin Jetpack – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas fungsi dari masing-masing fitur pada plugin jetpack. Pada artikel sebelumnya juga sudah saya jelaskan apa itu jetpack, dan mengapa kita perlu menginstall nya pada situs kita.

Karena artikel yang terlalu panjang, akhirnya saya memutuskan untuk membuatnya menjadi 2 bagian. Oke langsung saja.

Cara Setting Plugin Jetpack dan Fungsinya Bag. 2

Buka TAB Appearance

Tiled Galleries, Fitur ini memungkinkan anda untuk membuat galeri pada situs anda. Saat anda mengaktifkan fitur ini, anda akan dapat mengcustomisasi tampilan galeri yang ingin anda tampilkan. (rekomendasi : nonaktifkan)

Photon, Nah, untuk fitur yang satu ini mungkin banyak yang berbeda pendapat, photon ini berfungsi untuk mempercepat gambar yang akan di tampilkan melalui CDN wordpress. Secara performa, mungkin akan lebih bagus dan dapat menghemat bandwidth hosting. TAPII, jika di lihat dari SEO kita kurang mendapat SERP di google. Mengapa?? karena gambar yang kita upload akan di simpan di CDN wordpress lalu baru di tampilkan ke pengunjung. Jadi, yang akan mendapat SERP dari google adalah wordpress bukan domain kita. (rekomendasi : nonaktifkan)

Carousel, fitur carousel memungkinkan anda untuk membuat galeri full screen. untuk beberapa situs yang mempunyai niche berita fitur ini bisa anda manfaatkan, tapi apabila tema yang anda gunakan mempunyai carousel sendiri, lebih baik fitur ini dinonaktifkan saja. (rekomendasi : nonaktifkan)

Extra Sidebar Widgets, fitur ini memungkinkan anda untuk menambah widget pada sidebar. Widgets yang ada diantaranya : Twitter stream, RSS link dan masih banyak lagi. (rekomendasi : aktifkan)

anda bisa mengaturnya pada bagian berikut:

cara setting plugin jetpack

Widget Visibility, untuk mengatur visibility widget anda pada tiap-tiap halaman. (rekomendasi : aktifkan)

Custom CSS, Fitur Custom CSS ini salah satu fitur yang sangat saya sukai, Dimana fitur custom css ini berfungsi untuk mengatur CSS dari tema anda, tanpa mengubah css yang ada pada tema anda. (rekomendasi : aktifkan)

Infinite Scroll, cara kerja infinite scroll ini hampir sama dengan yang dimiliki facebook. Jadi saat kita melakukan scrolling halaman, maka ia akan terus meload artikel sampai benar-benar habis. (rekomendasi : nonakifkan)

Mobile Theme, fitur ini berfungsi agar tampilan anda mendukung untuk tampilan mobile versi wordpress. Namun, apabila tema yang anda gunakan mendukung untuk tampilan mobile, sebaiknya jangan gunakan fitur ini. Pada tampilan mobile theme wordpress ini, iklan yang ada di situs anda, tidak akan muncul. (rekomendasi : nonaktifkan)

Holiday Snow, diantara sekian banyak pengguna jetpack, mungkin jarang yang memperhatikan fitur ini. Fungsi fitur ini yaitu untuk menampilkan salju pada situs anda ketika hari libur, tepatnya pada tanggal 1  desember sampai 4 januari. Jika anda penasaran dengan fitur ini, anda bisa mengaktifkannya. Dan anda bisa melihat perubahan blog anda pada tanggal 1 desember nanti. (rekomendasi : nonaktifkan)

 

Buka TAB Writing

Wp Shortlinks, plugin ini akan membuat sebuah pemendek url (shortlink) setiap kali anda melakukan posting artikel. Untuk fitur ini semua sesuai selera, tapi untuk saya pribadi, lebih memilih untuk tidak mengaktifkan fitur ini, karena jarang sekali saya melakukan sharing menggunakan shortlink. Lebih baik lakukan sharing dengan URL utuh, agar para pengunjung bisa melihat link apa yang kita bagi. (rekomendasi : nonaktifkan)

Shortcode Embeds, ini berfungsi untuk menampilkan shortcode pada saat anda melakukan posting. Apabila anda membutuhkan shortcode, lebih baik anda menggunakan shortcode dari jetpack ini dari pada shortcode yang ada pada tema. Karena saat anda mengganti tema, shortcode tersebut akan tetap ada pada artikel anda, tetapi tidak sesuai dengan tampilan sebelumnya (rekomendasi : aktifkan)

VideoPress, ini berfungsi untuk mengupload video pada hosting anda. Apabila anda ingin membuat video self hosting sendiri, ada baiknya anda menggunakan fitur video press ini, dengan syarat space pada hosting anda harus besar. (rekomendasi : nonaktifkan)

Contact Form, fitur ini berfungsi untuk membuat sebuah form kontak yang digunakan untuk mengirim pesan. (rekomendasi : aktifkan)

Spelling and Grammar, seperti hal nya pada smartphone, fitur spelling ini justru malah sangat mengganggu ketika anda menulis. Karena apa yang di tampilkan kadang tidak sesuai dengan apa yang kita ketik. (rekomendasi : aktifkan)

Mark Down, fitur ini memungkin anda untuk menulis artikel atau komentar dengan karakter reguler dan punctuation marks. contoh penggunaan Mark Down:

cara setting plugin jetpack

Jika anda ingin menggunakan fitur anda mark down ini, anda diharuskan mengeditnya pada plain text. (rekomendasi : nonaktifkan)

Post by Email, fitur ini memungkinkan anda untuk memposting artikel melalui email. (rekomendasi : nonaktifkan)

Beautiful Math, fitur ini berfungsi agar postingan anda menggunakan markup latex. (rekomendasi : nonaktifkan)

Custom Content Types, agar anda dapat menambah konten dalam blog anda tanpa mempengaruhi konten post anda, tetapi akan menampilkan halaman static baru. Baca dokumentasi tentang Custom Content Types (rekomendasi : nonaktifkan)

Itulah artikel Cara Setting Plugin Jetpack dan Fungsinya, setelah membaca artikel cara setting plugin jetpack baik bag. 1 dan bag. 2. Pastinya anda bisa menentukan, apa fitur yang tepat anda gunakan pada blog anda. tentunya harus diseuaikan dengan kebutuhan.

Demikian artikel Cara Setting Plugin Jetpack dan Fungsinya.

Baca juga artikel lainnya tentang Cara membuat website profesional dengan wordpress

One comment

  1. waktu settinh jetpack banyak error di potingan, salah satunya poto gak tampil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

memasang related post di dalam postingan

Cara Memasang Related Post di Dalam Postingan WordPress

Memasang related post di dalam postingan blog merupakan cara jitu untuk meningkatkan jumlah page views  pada blog anda. Dengan memasang related post ...