Cara Install Python di Linux

No comment 27 views

Cara Install Python – Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara install python di Ubuntu. Pada artikel sebelumnya kita juga sudah membahas tentang bagaimana cara install ruby di linux. 

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Free $10
Coupon

Gratis $10 dollar dari vultr jika anda mendaftar menggunakan link berikut ini. Syarat minimal anda melakukan top up minimal $10. Maka saldo anda akan menjadi $20

More Less
Doesn't expire

Bagaimana caranya install Python pada distro Linux pilihan kita? Jawabannya hampir tidak perlu karena sudah sering jadi default, cuma versinya saja yang kadang kita perlu pastikan.

Mengetahui versi python, jalankan perintah dibawah ini. 

Kalau ada balasannya seperti diatas berarti sudah ada, tinggal versinya cocok tidak dengan yang dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu sekarang Python ada yang versi 2 dan 3. Tapi setelah dicek ternyata balasan perintah diatas hasilnya versi 2, dan sedangkan yang kita butuhkan ada versi 3. Jangan buru – buru berusaha mencari cara instalasinya, karena besar kemungkinan sudah diikutkan juga tapi dengan nama agak lain.

Setidaknya saya cek selain nama programnya beda (ditambah angka 3), juga hanya saya dapatkan di Ubuntu 14.04 dan Debian 7. Untuk CentOS 7 tidak ada secara default.

Tapi kalau ternyata tidak ada atau memang dari awal niatnya distro minimal maka kita perlu install Python secara manual:

Cara Install Python di Linux

  • Debian/Ubuntu

Install Python 3

  • CentOS

Instalasi Python 3

Untuk mempermudah installasi library python sebaiknya gunakan pip, untuk pip sendiri kita perlu melakukan installasinya secara manual. Untuk tutorialnya akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Demikian tutorial tentang Cara Install Python di Linux. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.




Untuk anda yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang PHP khususnya framework laravel, anda bisa membeli DVD Panduan Laravel Untuk Pemula Hingga Mahir Lengkap! Disana anda akan belajar tentang basic-basic php khususnya framework laravel dan juga anda akan belajar tentang bagaimana membangun sebuah aplikasi menggunakan framework laravel. Untuk lebih detailnya silahkan klik DISINI
Selain dalam bentuk DVD kami juga menyediakan dalam bentuk soft copy yang bisa anda unduh melalui Google Drive

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak dibawah ini:

WA/SMS : 083867780602 a/n Fikriansyah
No Response

Leave a reply "Cara Install Python di Linux"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.