Home » Artikel » Apa Itu AMP Google?
apa itu amp

Apa Itu AMP Google?

Apa itu AMP?  AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah halaman web yang di desain khusus agar laman tersebut mobile friendly. Salah satu project dari google ini juga dapat memberi pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan berselancar didunia maya. Dengan didukungnya laman AMP pada sebuah situs, dapat mempercepat akses hingga 4X lebih cepat dari biasanya, Selain itu laman AMP juga dapat menghemat data internet hingga 10X lipat. Dengan mengintegrasikan situs anda agar bisa menampilkan laman AMP tentu saja dapat meningkat SERP pada hasil pencarian gooogle khususnya perangkat mobile.

Namun, agar situs anda mendukung tampilan AMP ini, ada beberapa peraturan khusus yang harus anda terapkan pada blog anda. Serpeti menambahkan markup amp pada laman html. Atau Anda bisa melihat panduannya melalui situs resmi ampproject.

Lalu bagaimana cara mengintegrasikan AMP Google Pada Blog?

Untuk pengguna CMS WordPress, cukup menggunakan plugin amp agar situs anda bisa menampilkan laman AMP ini. Baca Cara Memasang AMP (Accelerated Mobile Pages) di WordPress.

Untuk pengguna blogger, anda harus melakukannya secara manual, yaitu dengan mendesign khusus agar template blogger yang anda gunakan mendukung untuk tampilan amp ini.

Untuk melihat status index Accelerated Mobile Pages, anda bisa melihat nya pada Google Search Console pada menu Search Appearance -> Accelerated Mobile Pages.

Berikut adalah contoh artikel apabila mendukung tampilan AMP. Cukup menambahkan /amp pada ujung URL artikel.

apa itu amp

 

Project Google yang diumumkan secara global pada oktober 2015 ini terbukti dapat mempercepat membuka halaman web hanya dalam sepersekian detik. Tentu hal tersebut dapat menambahkan rasa kenyamanan pengunjung dalam mengakses situs anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*