More

    Sejarah singkat Layanan Email Gmail

    Sejarah singkat Layanan Email Gmail – Kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang layanan surel (surat elektronik) Gmail.

    Apa itu Gmail? Gmail adalah singkatan dari Google Mail. Gmail / Google Mail adalah layanan surat eletronik (surel) berbasis web yang disediakan oleh Google.Inc secara gratis kepada semua orang (penggunanya). Layanan ini diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan sempat membuat heboh banyak kalangan karena langsung menyediakan kapasitas email 1 GB yang pada saat itu sangat tidak wajar.

    Dengan Gmail penguna dapat menerima dan mengirim email melalui Web HTTPS, protokol POP3 atau AMAP4. Dengan menggunakan Google mail pengguna akan disuguhkan dengan segudang kenyamanan dan kelebihan yang bahkan tidak dimiliki oleh penyedia surat elektronik lainnya. Gmail juga menjadi pelopor penggunaan pemrograman Ajax.

    sejarah singkat layanan email gmail

    Tak lama setelah diterbitkannya gmail, tiap tahun pengguna gmail semakin meningkat bahkan kini mampu menggeser pendahulunya yang dulu juga begitu populer seperti yahoo dan Hotmail.

     

    Sejarah kemajuan Gmail pun resmi di publikasikan oleh pihak google pada saat Gmail mencapai ulang tahunnya yang ke 9 tepatnya pada tahun 2013. adapun untuk sejarah lengkapnya perjalanan kesuksesan Gmail dari awal adalah sebagi berikut :
    1. Tanggal 1 April 2004
    Gmail meluncurkan Versi beta dengan menggunakan sistem pemrograman AJAX pertama. Yang mana pada masa awal peluncurannya ini, Gmail hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang diundang saja, dan belum tersedia untuk umum. Memberikan keleluasaan penyimpanan hingga 1GB untuk setiap penggunanya dan dengan tampilan conversation.

    2. Tanggal 1 April 2005
    Setahun setelah peluncurannya gmail merayakan ulang tahunnya yang pertama dan melipat gandakan penyimpanan dua kali lipat menjadi 2GB untuk setiap penggunanya.

    3. Tanggal 7 Februari 2006
    Kian hari kian meningkat, Perkembangan gmail pun membuat terobosan baru pada penampilan email dengan penggunakan tampilan seperti dalam chatting

    4. Tanggal 10 Februari 2006
    Tiga hari setelah itu, gmail memperkenalkan gmail untuk domain yang dapat digunakan pada organisasi bisnis atau sekolah

    5. Tanggal 12 April 2006
    Sebelas hari setelah ulang tahunnya yang ketiga, Google pada Gmailnya meluncurkan Gmail Calender dengan penampilan yang menarik.

    6. Tanggal 1 Mei 2006
    Gmail support dengan 40 bahasa di dunia termasuk bahasa ibrani dan bahasa Arab.

    7. Tanggal 14 Februari 2007
    Sebagai bentuk kasih sayangnya pada hari Valentine, Gmail membuka pendaftaran besar-besaran untuk semua orang melalui wordwide.

    8. Tanggal 31 Oktober 2007
    Gmail kembali menjadi pelopor provider email dengan Free IMAP untuk semua perangkat, hingga gmail dapat diakses dimana saja.

    9. Tanggal 22 Oktober 2008
    Gmail merilis Aplikasi androidnya yang pertama dan dipasang pada perangkat T-Mobile’s G1

    10. Tanggal 11 November 2008
    Bagi yang tidak cukup berkomunikasi dengan melalui chat atau email dari Gmail, Gmail juga dapat digunakan sebagai panggilan video untuk satu lawan satu dari inbok penggunanya

    11.  Tanggal 9 Maret 2009
    Untuk terus meningkatkan kualitasnya, gmail mempunyain fitur baru yaitu “Undo Send” yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan pengiriman.

    12. Tanggal 7 Juli 2009
    Gmail telah resmi keluar dari masa percobaan/Beta.

    13. Tanggal 30 Agustus 2010
    Mengeluarkan fitur Priority Inbox, yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam nemanage emailnya.

    14. Tanggal 10 Februari 2011
    Untuk menghindari pembajakan akun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab (Hacker), Gmail menambahkan 2 tahap Ferifikasi.

    15. Tanggal 1 November 2011
    Google mendesain Ulang Tampilan gmail sehingga lebih indah dan enak dipandang.

    16. Tanggal 16 November 2011
    Akhirnya Aplikasi gmail menjadi aplikasi lintas platfone dengan mengeluarkan Aplikasi Gmail Untuk pengguna iPhone dan iPad pada sistem operasi iOS

    17. Tanggal 24 April 2012
    Google mail memper besar penyimpanan hinggan Up to 10GB

    18. Tanggal 19 November 2012
    Gmail sudah Support dengan 57 bahasa

    19. Tanggal 27 November 2012
    Gmail sudah tidak menggunakan penyimpanan pada lampiran, melainkan digabungkan dengan Penyimpanan Online Drive sebesar 10GigaByte.

    20. Tanggal 28 Maret 2013
    Gmail dapat menggunakan multi tasking pengiriman email

    21.Tanggal 1 April 2013
    Ulang tahun gmail yang kesembilan.

    itulah Sejarah singkat Layanan Email Gmail yang saat ini penggunanya hingga jutaan diseluruh dunia. Apalagi dengan integrasinya layanan gmail dengan android membuat layanan ini semakin meningkat jumlahnya. Karena begitu populernya pengguna android.

    Jika anda belum mempunyai membuat akun gmail kamu bisa membaca tutorialnya Panduan Lengkap Membuat Email di Gmail Terbaru.

    sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gmail

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!