Mengatasi Masalah Permalink WordPress di Nginx

Mengatasi Masalah Permalink WordPress di Nginx – Saat ini sudah banyak sekali user yang sudah beralih dari apache ke nginx, banyak sekali faktor yang menyebabkan mengapa mereka memilih nginx ketimbang apache. ini dikarenakan Nginx memiliki performa lebih baik dengan tingkat penggunaan resourcenya juga lebih rendah dalam melayani jumlah pengunjung yang setara. Begitu juga dengan WordPress si CMS (Content Management System) yang populer sebagai platform ngeblog dari pemula sampai yang mahir karena kemudahan dan banyak fitur yang bisa ditambahkan dengan plugin – pluginnya.

Tapi, kendala utama ketika pertama kali menggunakan webserver nginx dengan cms wordpress adalah, masalah permalink yang kalau pertama diinstall akan muncul error HTTP 404 Error Not Found pada semua halaman website anda kalau tidak dipersiapkan sebelumnya.

Fungsi dari permalink sendiri yaitu mengubah permalink yang tidak friendly menjadi lebih mudah dibaca. Contohnya https://www.tutorialpedia.net/?p=123 menjadi https://www.tutorialpedia.net/hello-world.

Banyak sekali manfaat apabila kita mengubah url menjadi seperti diatas, selain mudah dibaca url tersebut akan lebih SEO.

lalu bagaimana Mengatasi Masalah Permalink WordPress di Nginx ? 

Caranya sangat mudah sekali, berikut ini akan kami berikan step by step mengatasi masalah permalink wordpress di nginx.

Mengatasi Masalah Permalink WordPress di Nginx

  1. cek konfigurasu nginx. Diberbagai konfigurasi kadang berbeda-beda penempatan confignya, tapi pada umumnya sama. Anda bisa melihat konfigurasi dibawah:
    Webuzo: /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common
    Install manual: /etc/nginx/sites-enabled/[nama-domain-anda]
    Install manual 2: /etc/nginx/sites-available/[nama-domain-anda]
    VestaCP: /home/nama_user/conf/web/nginx.conf
  2. Sekarang cek konfigurasi tersebut, apakah ada konfiguras seperti dibawah ini?
  3. Bila sudah ada bagian location maka tinggal isikan kode try_files seluruhnya didalamnya, bila tidak maka silahkan copy-pastekan saja. Ingat, harap pilih salah satu jenis kode diatas karena fungsinya memang berbeda tergantung bagaimana struktur url website anda. Semisal dalam default location sudah ada /index.html maka hapus saja karena sudah tidak dibutuhkan.Simpan perubahan konfigurasi vHost anda dan setelah itus restart Nginx, kalau di Debiananda bisa mengetikkan perintah berikut:

     

Selesai.

Sekarang coba cek kembali url permalink wordpress anda. Jika settingan yang anda masukkan benar makan seharusnya tidak ada masalah pada url permalink wordpress anda.

Jika masalah yang anda hadapi tak kunjung selesai, anda bisa mengirimkan pesan ke fanpage TutorialPedia.NET. Dengan menggunakan fitur live chat di sidebar pojok kanan bawah.

No Response

Leave a reply "Mengatasi Masalah Permalink WordPress di Nginx"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.