More

    Inilah Gambaran Tren Pekerjaan IT di Indonesia

    Di era digital seperti sekarang ini, informasi mengenai lowongan kerja semakin mudah untuk didapat. Lantas bagaimana tren pekerjaan IT di Indonesia pada kuartal pertama 2016?

    Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Jora Indonesia (id.jora.com), agregator yang menampilkan informasi lowongan kerja dari halaman karir perusahaan dan situs-situs lowongan kerja, pekerjaan IT yang paling banyak dicari adalah programmer, SAP, IT manager, business analyst, web developer, oracle, dan network engineer.

    pekerjaan it

    Informasi tersebut disusun berdasarkan data pencarian dari kata kunci yang dipakai pengguna di situs Jora Indonesia selama Q1 dari bulan Januari-Maret 2016.

    Pencarian dengan kata kunci programmer misalnya, meliputi semua lowongan kerja yang mengandung kata programmer seperti IT programmer, Java programmer, dan salah eja seperti progamer.

    Hingga akhir Maret 2016, Jora Indonesia menampilkan sekitar sepuluh ribu lowongan kerja IT dari sekitar 400 situs lowongan kerja dan halaman karir perusahaan. Sementara total kunjungan ke situs Jora Indonesia mencapai sekitar 90.000 sesi.

    Berikut daftar pekerjaan IT yang informasinya paling banyak dicari oleh pengguna:

    • Programmer (dicari sebanyak 23.15% pengguna)
    • SAP (15.72%)
    • IT Manager (13.90%)
    • Business Analyst (7.25%)
    • Web Developer (5.55%)
    • Oracle (4.93%)
    • Network Engineer (4.48%)
    • Lain-lain (24.9%)

    Sementara itu jumlah pekerjaan yang ditampilkan di Jora Indonesia untuk kata kunci diatas adalah:

    • Programmer (1.734 lowongan kerja)
    • SAP (955)
    • IT Manager (1943)
    • Business Analyst (575)
    • Web Developer (955)
    • Oracle (634)
    • Network Engineer (452)

    Sebagai aggregator, Jora Indonesia menampilkan semua lowongan kerja IT di berbagai lokasi dan perusahaan. Pengguna Jora cukup mengetikkan kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan (misalnya IBM, SAP, programmer, dsb), dan pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja.

    “Jora Indonesia menawarkan layanan satu atap agar pencari kerja yang tidak perlu repot membuka situs lowongan kerja satu persatu lagi, “ kata Rizka Tsalasi, Country Manager Jora untuk Indonesia.

     

    Saat ini layanan Jora Indonesia tersedia gratis melalui aplikasi Android dan iOS. Selain itu, Jora juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memposting lowongan kerja gratis di Jora.

    “Semua lowongan di Jora diverifikasi setiap hari. Jika ada lowongan yang mengandung spam akan segera dihapus”, tutup Rizka.

    Jora sendiri merupakan perusahaan rintisan (startup) asal Australia yang diluncurkan dalam Bahasa Indonesia bulan Januari lalu. Hingga saat ini Jora menyediakan informasi lowongan kerja di 16 negara yang dapat diakses gratis.

    Free $100
    Deal

    Daftar menggunakan link di pojok kanan atas, minimal top up $25 usd. Maka dalam waktu 30 hari setelah registrasi anda akan mendapatkan credit $100 gratis dari vultr untuk mencoba layanan mereka.

    More Less
    Doesn't expire

    Recent Articles

    tips memilih isp

    Tips Memilih ISP Untuk Kebutuhan Internet Anda

    0
    Dalam memilih ISP kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya ialah budget. Namun, selain itu tentunya kita perlu memilih isp yang cocok dengan kita. Memilih ISP...
    cara install varnish

    Cara Install dan Konfigurasi Varnish dengan Nginx di Ubuntu 20.04

    1
    Cara install varnish - Apa itu varnish cache ? Varnish adalah sebuah aplikasi open source HTTP reverse proxy yang seringkali disebut juga sebagai HTTP accelerator atau...
    membuat fungsi terbilang

    Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office

    0
    Pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana Cara Membuat Fungsi Terbilang Pada Open Office. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat fungsi...
    pengenalan templates

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #6: Pengenalan Templates

    0
    Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai routing di django #5 . Dimana, pada tutorial tersebut kita sudah bagaimana cara menampilkan "Hello World" pada...

    Tutorial Django Bahasa Indonesia #5: URL Routing Django

    0
    Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang URL routing yang ada di django. URL Routing ini berfungsi untuk mengalihkan halaman, dari satu halaman...

    Related Articles

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Dapatkan konten terbaik dari kami!