Home » Linux » Cara Install MySQL Server di Debian 7

Cara Install MySQL Server di Debian 7

Cara Install MySQL Server di Debian 7 – MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

MySQL merupakan sebuah database yang berfungsi untuk menyimpan data dari suatu aplikasi. Konten yang disimpan didalam sebuah database bersifat dinamis, artinya kita dapat mengubah data maupun menambahkan.

Pada saat membuat aplikasi website yang dinamis tentu saja kita membutuhkan apa itu database. Misal, apabila kita ingin membuat website dengan wordpress maka kita perlu melakukan installasi database seperti MySQL agar website kita bisa berjalan dengan baik.

Untuk anda yang ingin membangun sebuah website menggunakan VPS (Virtual Private Server) kali ini saya akan memandu anda untuk menginstall MySQL server pada debian 7.

 

Cara Install MySQL Server di Debian 7

  1. Login ke VPS dengan root user
  2. Lakukan update terlebih dahulu
  3. Install MySQL Server
  4. Jika dimintai password, masukkan password untuk login ke MySQL. akan dimintai 2 kalicara install mysql server
  5. Lalu jalankan perintah dibawah ini untuk finishing.
     

Sekarang anda sudah berhasil melakukan installasi mysql server di debian 7. Untuk masuk kedalam mysql cli, jalankan perintah dibawah ini.

*parameter -u artinya adalah user, sedangkan -p adalah password

setelah menjalankan perintah diatas, anda akan diminta memasukkan password seperti yang saat anda buat pada installasi tadi.  

Berikut ini adalah tampilan apabila anda berhasil masuk ke MySQL server
cara install mysql

Untuk anda yang kesulitan untuk mengelola database menggunakan mysql cli, anda bisa menggunakan PhpMyAdmin untuk melakukan managingnya. Untuk installasi phpmyadmin pada debian, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Demikian Cara Install MySQL Server di Debian 7. 

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

cara install inkscape

Cara Install Inkscape Di Linux Debian

Cara Install Inkscape Di Linux – Apa itu Inkscape? Inkscape adalah perangkat lunak (Software) pengolah vector yang sifatnya open source (Gratis) ...